Hal-hal baik yang bisa dilakukan menjelang sahur sampai dengan sholat subuh

Sungguh tiada kata lain yang patut kita ucapkan selain mengucap syukur Alhamdulillah, karena-Nya lah kita masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci ramadhan kali ini. Yah Bulan Ramadhan, bulan yang selalu kita nanti-nantikan diantara 12 bulan lainnya dan akan kita sesali ketika bulan itu pergi dan teringat hanya sedikit sekali amalan baik yang kita lakukan pada bulan ramadhan yang baru saja berlalu.

Jauh sebelum kita, orang-orang terdahulu dan orang-orang mukmin lainnya telah jauh hari sebelumnya mereka memohon doa kepada Allah agar dipertemukan kembali bulan ramadhan, karena mereka yakin bahwa bulan ramadhan memang bulan yang betul-betul istimewa.

Salah satu keistimewaanya adalah "Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, Dan Mustajabnya Doa. 

sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam


“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah ( diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani )
“Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim )
“Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab“ ( diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani )
itulah salah satu diantara sekian keistimewaan bulan suci ramadhan yang harus diketahui agar kita dapat betul-betul memanfaatkan bulan suci ramadhan ini.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan bulan ramadhan ini,misalnya saja tidur lebih awal sehingga bisa terbangun disepertiga malam untuk melakukan ibadah-ibadah yang dianjurkan. Beberapa kegiatan di bawah ini mencontohkan hal-hal yang baik yang dapat kita lakukan menjelang sahur tiba.

  1. Sholat Tahajjud
    Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan di dalam al-Qur-an pada banyak ayat dan juga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadits tentang besarnya pahala yang diperoleh dari melaksanakan shalat malam. Bahkan, ketahuilah bahwa shalat yang paling baik setelah shalat wajib adalah.

    Beberapa ayat yang menjelaskan tentang sholat tahajjud:
    Ayat Mengenai Perintah Sholat Tahajud Dalam Al Quran surah Al Israa' : 79 :

    وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 
    "dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji."

    Melaksanakan sholat tahajjud ini tentu sangat banyak skali keutamaannya yaitu; Di kabulkan doanya, Allah mengangkat derajatnya, Mendekatkan diri kepada Allah, Memperoleh kemuliaan. masih banyak lagi keutamaanya yang tidak sempat saya sebutkan semuanya pada artikel kali ini.

  2. Membaca AlquranSelain sholat tahajjud kita juga sangat dianjurkan membaca Alquran karena kita tau bahwa membaca Ayat suci Alquran ini banyak sekali keutamaannya. Seperti; 1. Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala dari Allah; Al Quran akan mendatangkan syafa’at; Salah satu ibadah paling agung adalah membaca Al Quran dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

  3. Mendengarkan Ceramah-ceramah di Youtube dengan layanan XL Youtube Tanpa KuotaKini jika kita ingin mendengarkan ceramah Ustadz-ustadz terkenal macam Ust. Adi Hidayat, Ust. syafiq basalamah, Ust. khalid basalamah bisa melalui youtube. Pahala jika kita mampu mendatangi kajiannya tentu akan lebih tinggi, namun jika tak sempat maka layanan dari youtube pun dapat menjadi solusi yang baik.

    Sudah banyak ceramah-ceramah-ceramah yang di opload ke youtube utamanya ke tiga Ustadz di atas, dan memang tiga Ustadz ini adalah yang paling sering saya tonton videonya.

    Namun, yang sering menjadi kendala
    adalah kuota untuk membuka youtube itu sangat tinggi dan perlu kuota yang banyak. Solusinya adalah tentu kita harus pandai-pandai memanfaatkan layanan dari provider yang ada, misalnya saja di XL terdapat layanan untuk menikmati youtube tanpa kuota pada jam 01.00 sampai jam 06.00 pagi hari. Lohh kenapa jam segitu, saya rasa ini sangat tepat jika dikaitkan dengan bulan ramadhan. Rata-rata orang sudah terbangun pada jam 02.30 dan kemungkinan baru sahur pada jam 03.30 sampai jam 04.00., padahal di antara jam-jam tersebut terdapat waktu-waktu yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal baik. Salah satunya adalah mendengarkan ceramah-ceramah di youtube ini, tentunya alangkah lebih baik lagi jika sebelumnya didahului melaksanakan sholat tahajjud dan membaca Alquran.

    Menurut saya ini layanan ini sangat-sangat bermanfat dalam menambah pengetahuan agama kita khususnya bagi yang beragama muslim dan moment yang pas pada bulan ramadhan. Untuk melihat percobaan layanan ini bisa dilihat pada artikel di kompas silahkan klik link disini

  4. Jangan Lupa untuk sholat berjamaah di Masjid
    Nah setelah melaksanakan semua diatas tentu nggak terasa waktu sudah menjelang sholat subuh, alangkah baiknya kita segera bergegas untuk melaksanakan sholat berjamaah di mesjid karena banyaknya keutamaan dan manfaat yang dapat diperoleh diantaranya; Pahala langkah kaki, Pahala menunggu waktu shalat, Di do’akan Malaikat, Mendapat naungan saat kiamat, Doa malaikat ketika di shaf terdepan, Terhindar dari sifat munafiq dan masih banyak lagi keutamaanya. 
Nah itulah kira-kira yang dapat kita lakukan menjelang sahur sampai dengan sholat subuh. Tentu masih banyak lagi hal-hal baik yang dapat dilakukan, untuk itu silahkan ditambahkan agar dapat meningkatkan amalan-amalan kita kepada Allah. 
semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.. wassalam


Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

wahh ini bagus nih infonya... memanfaatkan teknologi dgn semestinya.
bukan cmn untuk buka hal2 yang gk berguna, aplagi di bulan ramadhan ini.. terima kasih infonya mas (y)

Reply
avatar
Adi wijaya
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

terima kasih kembali pak.. smga bermanfaat :)

Reply
avatar
Papi KYH
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

Saya dan kemungkinan jutaan muslim lainnya bergembira kalau bertemu Ramadan. Artinya Allah memberikan kesempatan untuk kita menjadi lebih baik lagi.
Semoga kita kembali ke yang fitri. Aamiin

Reply
avatar
Bowo Susilo
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

Terimakasih banyak Mas Adi atas sharingnya. Aku belakangan ini suka lupa gak shalat tahajud dulu sebelum sahur, dengan artikel ini aku makin tertegur untuk melakukannya. Banyak banget pahalanya. Thanks ya mas

Salam,
Selamat menjalankan ibadah puasa

Reply
avatar
sri rahayu
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

Nice share.semoga puasanya berkah

Reply
avatar
Maria Soraya
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

menjelang sahur sampai subuh, kadang blogwalking dan nebar jempol di sosmed, kadang update blog tapi seringnya sih tadarus aja dan ikut sholat jamaah di masjid

btw saya pun pakai xl buat onlen, lancaaaar

Reply
avatar
Ahmed Tsar
admin
Senin, 05 Juni, 2017 ×

Iya nih banyak yg anggap remeh padahal penting banget itu kouta buat hal-hal kebaikan

Reply
avatar

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ConversionConversion EmoticonEmoticon