Cara Mengecek Tagihan Pajak PBB anda?

Mengecek tagihan Pajak PBB mungkin terasa mudah oleh sebagian orang apalagi bagi orang yang sudah terbiasa melakukan aktivitas ini. tulisan ini sengaja saya angkat karena pengalaman saya ketika PKL di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bogor masih banyak wajib pajak yang tidak mengetahui kalau ternyata dia punya utang pajak yang belum dilunasi pada tahun-tahun sebelumnya utamanya 10 tahun ke belakang. mereka baru mengetahui ketika saya print out kan Pajak terutang PBB nya. Jadi, dalam kasus ini saya merasa perlu membagi informasi ini untuk diketahui oleh semua wajib pajak. 
kemudian ada juga kasus lain yang dia setor uang pajaknya ke kelurahan tapi setelah dia ke kantor pajak tempat objek pajaknya terdaftar dan di print out kan ternyata uang yang dibayarkan oleh pejabat ke kelurahan tersebut belum dibayarkan atau belum disetorkan ke kas negara dan buktinya dapat dilihat dari bukti print out . padahal hal ini sangat mudah di hindari oleh wajib pajak yang tidak mengerti tentang pajak sekalipun. kalau perlu anda sendiri yang mengurus pembayaran pajak PBB anda di kantor pajak. 

Nah, berikut cara mengecek tagihan PBB anda dikantor pajak.
  1. pertama-tama anda pasti harus datang ke kantor pelayanan pajak pratama tempat objek pajak tersebut terdaftar kemudian silahkan anda ambil nomor antrian (budayakan selalu antri secara teratur)
  2. setelah giliran anda dipanggil oleh petugas pelayanan Kantor Pajak tersebut silahkan PERLIHATKAN NPOP (Nomor Pokok Objek Pajak) atau paling baik lagi perlihatkan fotokopi SPPT PBB anda dan silahkan tunggu beberapa menit hasilnya print out yang anda minta akan diberikan oleh petugas yang ada di kantor pelayanan pajak tersebut.
  3. setelah anda melihat print outnya lihatlah tahun berapa yang kosong,, itu artinya pada tahun tersebut anda atau pemilik tanah belum membayar Utang Pajak PBB nya dan di wajibkan pemilik tanah yang sekarang harus melunasi utang pajaknya dalam waktu 10 tahun ke belakang.            
 Keuntungan mengecek tagihan pajak PBB anda.
  1. Bagi orang yang ingin membeli tanah paling bagus jika calon pembeli tanah tersebut dapat mengecek tagihan pajak PBB nya pada tahun-tahun sebelumnya jadi setelah anda membeli tanah tersebut anda tidak perlu lagi terbebani dengan tagihan pajak sebelumnya.
  2. anda dapat mengetahui tagihan pajak anda dari tahun ke tahun, jadi anda tidak merasa terbebani dengan tagihan PBB lagi.
perhatian: pelayanan ini GRATIS dan tidak dipungut biaya.
Previous
Next Post »

73 komentar

Click here for komentar
Selasa, 03 April, 2012 ×

kasus saya begini pak,
saya mau cari info, tahun berapa saja PBB tanah dai oom saya (sudah meninggal) yang belum dibayar, tapi malah di ping-pong :

- tanya ke DPP KAD (Kantor di Pemda setempat)
DPP KAD bilang disana data tidak uptodate, suruh tanya ke kantor pajak setempat
- di kantor pajak setempat juga tidak ada data valid, disuruh ke kantor pajak wilayah (KANWIL)
- di Kanwil dibilang, data disana juga tidak uptodate, karena : KADANG BANK TIDAK MENGIRIMKAN DATA PBB YG SUDAH DIBAYAR

Intinya : tidak ada kantor yg punya data VALID pembayaran PBB.

Pertanyaannya : KALAU UANGNYA DI KANTONGI OLEH OKNUM TERTENTU SIAPA YANG BISA NGE-CEK ????????

Saran : Jangan cuma nagih kalo nantinya ada peluang bisa di KORUPSI….
bukan nuduh lho pak, cuma kan diatas ada tulisan : uang yang dibayarkan oleh pejabat ke kelurahan tersebut belum dibayarkan atau belum disetorkan ke kas negara dan buktinya dapat dilihat dari bukti print out .

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Rabu, 04 April, 2012 ×

sesuai pengalaman sy klw mau ngecek tagihan pajak PBB itu slh satu caranya dapt lngsung dtg ke Kntor pajak t4 obbjek pajak tersebut terdaftar, nah nnt dr pegawai tersebut akan mmberikan data tagihan yg anda minta maksimal 10 tahun ke belakang.

nah, klw baca kasus saudara smua usaha telah saudara lakukan dgn maksimal tp anda tdk mendapt data yg anda inginkan.

mngkn ada ksalahan apkah objek nya blm di dftrkan atau ada ksalhan lain.

sdngkan uang pembayaran pajak saudara itu langsung di setor ke bank atau kantor pos nah nnt duit nya itu gk masuk ke kantor pribadi org pajak tp melainkan lngsung ke kas negara. nah anda hanya mendapatkan bukti bahwa telah melakukan pembayaran pajak melalui bank tersbut.

dan butki pembyaran itu sdh kuat.

Reply
avatar
jojo
admin
Sabtu, 14 April, 2012 ×

bagai mana ya caranya klk mau cek tagian PBB tapi kita tidak tau NPOP nya.... tolong bantuannya. trimakasi.

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 15 Agustus, 2012 ×

kenapa susah banget ya unt ngecek, apa tidak ada situs tertentu diinternet agar ada keterbukaan dan pembayar pajak tdk harus datang kekantor pajak yg cukup jauh dan macet

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 15 Agustus, 2012 ×

Rumah saya dikontrakkan karena saya harus bekerja diluar pulau, bagaimana saya bisa memeriksa apakah pengontrak rumah saya sudah melakukan kewajibannya membayar PBB seperti kesepakatan dinotaris PBB ditanggung pengontrak.Adakah cara yg mudah untuk memeriksanya mungkin melalui telpon atau fasilitas internet ? Trimakasih

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Rabu, 05 September, 2012 ×

@jojo: lw mau ngecek tp gk tau NOP, kayaknya agak ribet yah soalnya itu petunjuk langsung...kecuali ada keterangan/bukti lain yg bs d jadikan pedoman untuk telsuri datanya d KPP PBB..

@anonim: smua yg berhubungan dgn wajib pajak adalah bersifat rahasia, itu bunyi UU KUP pasal 34 ttg kerahasiaan data wajib pajak, itu mngapa tdk boleh di sebarin bgtu aja datanya di internet,apalagi mau ngcek yg lain2, ckup kt datang ke Kantor pajak mnta bantuan di sana untuk di cekkan..krn sdh itulah prosedurnya, mngkn ke depan ada inovasi sperti yg anda maksud..:)

@anonim: berdasarkan pengalman saya, kebanyakan org ngecek apakah PBB nya telah di lunasi atau tidak adalah datang langsung dgn membawa NOP nya... nnt di cek dari nomor NOPnya,, yah solusinya, brangkali klw anda plng sekali setahun bisalah ke kantor KPP PBB untuk di cek,,, cepat kok cmn beberpa menit duduk, cek, print out,dan silahkan lihat sndiri mana yg belum di lunasi oleh si pengontrak, atau klw gk ngerti silahkn tanya pegawai yg melayani anda, pasti di bantu..

terima kasih smga bs membantu..

Reply
avatar
diana
admin
Selasa, 18 September, 2012 ×

saya mau nanya dunk, bapak saya sudah meninggal dan ternyata sudah beberapa tahun pbb tidak dibayarkan, sempet cek ke notaris kalau pbbnya sudah mati, bagaimana caranya yah untuk menerbitkan kembali dan melunasi pajak terhutang, lokasi pondok cabe tangerang selatan, terima kasih sebelumnya atas jawabannya,...

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Sabtu, 22 September, 2012 ×

@diana: saran saya, lebih baik ke kntor pajak aja dlu kemudian kasi NOP (nomor objek pajaknya) nah nnti minta di cek dlu brapa tahun blm di bayar pajaknya...lw gk tau baca jg brpa tahun yg belm di bayar,,, yah tanya aja petugas di stu,,mas jadi tahun brpa aja yg belum di bayar pajak PBB nenek sy, nah dia akan menjelaskan tuh..??

catatan jg,,, untuk kewajiban pajak PBB terutang itu hanya 10 tahun ke belakang lho.. di atas itu gk apa2 gk di bayar...

nah setelah di jelaskan oleh petugas dan mengerti... langsung sj bayar ke bank,, biasanya di kantor pajak itu telah ada BANK yg diajak kerja sama jdi bs lngsung di bayar di stu krena sistem bank di stu sdh online dgn sistem pajak.

nah stelah bayar,, minta di print out lgi sm petugas nya... nah lw sdh bayar utang pajaknya,,maka di stu akan jelas telah di bayar smua...oke

Reply
avatar
Selasa, 25 September, 2012 ×

minta tlg donk, di SPPT PBB 2012 rumah sy yg tertera hanya nilai tanah saja, sedangkan nilai bangunan tidak muncul, padahal bangunan/rumah telah berdiri sejak pertengahan 2010...apakah itu telah benar?kalo tidak, siapakah yg harus mengurus pendaftaran bangunan itu (sy ato developer)?
fyi: rumah sy beli baru dari developer perumahan
terimakasih jawabannya ya

Reply
avatar
Anonim
admin
Minggu, 28 Oktober, 2012 ×

SPPT ibu saya selama 3 tahun belakangan ini kok belum di kasih, sempat aku tanyakan ke kantor kelurahan tempat ibu saya tinggal katanya bulum ada.
Yang saya tanyakan di mana saya harus mengecek sppt ibu saya ? ( sudah keluar / belum )

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 07 November, 2012 ×

FUCCK!!!
JEMBOT!!
AFU!!!

PAJAK GA ADA PERUBAHAN!!
CEK ONLINE AJA GA BISA!!
APA TU PEGAWE GA PUNYA OTAK KALO ANE PEKERJA FREELANCE,, LOMPAT DARI SATU PULAU KE PULAU YANG LAINNYA!! SECARA GUE PM( PROJECT MANAGER)

Reply
avatar
Anonim
admin
Minggu, 25 November, 2012 ×

Mohon bantuannya kalo mengurus PBB pertaman kali persyaratannya apa aja ya Ɣªήğ diperlukan untuk ke akntor pajak.thx

Reply
avatar
Rabu, 05 Desember, 2012 ×

bukan NPOP tapi N.O.P (Nomor Objek Pajak)

Reply
avatar
agus tri
admin
Sabtu, 08 Desember, 2012 ×

kalau mau cek nilai njop bagaimana ya, soalnya klihatanya temanya fokus ke nilai pajak tertanggungnya ...

tks alot
www.ag03s.blogspot.com

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 02 Januari, 2013 ×

saya pernah bayar pbb di salah satu bank kenapa sekarang kok engga bisa lagi ya tolong penjelasanya

Reply
avatar
SUBEJO
admin
Selasa, 29 Januari, 2013 ×

Saya beli sebidang tanah, namun PBB nya masih nginduk sama yang penjualnya. Pertanyaan saya adalah: Bagaimana caranya, agar pembayaran PBB nya bisa terpisah ( masing-masing)?

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 30 Januari, 2013 ×

untuk pak Subejo,, PBB induk di mutasi dulu, klu sudah pecah baru bayar

Reply
avatar
Rendi
admin
Sabtu, 09 Februari, 2013 ×

bagai mana cara mengetahui data pbb / wajib pajak, tempat dan situasinya, yang pemiliknya sudah meninggal. dan bagai mana jika tmpat tersbut sdah di jual tanpa sepengetahuan ahliwaris.

Reply
avatar
Triana
admin
Selasa, 26 Februari, 2013 ×

Tahun 2006 sampai 2012 kami sudah bayar PBB (dg nomor objek pajak 51.03.010.011-0010.0, dg nama wajib pajak Anas Ma'ruf,dg alamat wajib dan objek pajak Jalan Pelita No.15 Tuban-Bali),yg tercek dr BDB Tuban-Bali tahun 2008,2011&2012 kami belum bayar PBB,jelas2 ada bukti setorannya. Mohon informasinya. Trm ksh bnyk.

Reply
avatar
Triana
admin
Selasa, 26 Februari, 2013 ×

Tahun 2006 sampai 2012 kami sudah bayar PBB (dg nomor objek pajak 51.03.010.001.011-0010.0, dg nama wajib pajak Anas Ma'ruf,dg alamat wajib dan objek pajak Jalan Pelita No.15 Tuban-Bali),yg tercek dr BDB Tuban-Bali tahun 2008,2011&2012 kami belum bayar PBB,jelas2 ada bukti setorannya. Mohon benar-benar dicek segera.

Reply
avatar
wuranto
admin
Selasa, 02 April, 2013 ×

Saya pernah bayar pbb melalui Internet Bangking BCA, kenapa sekarang kok engga bisa lagi ya tolong penjelasanya. Email : wuranto@gmail.com

Reply
avatar
Anonim
admin
Selasa, 09 April, 2013 ×

Mau Tanya saya akan membeli rumah tapi pbb rumah tsb setelah di cek meragukan ,APA sebabnya ,apa saya dapat mencari arsip pbb tsb di kelurahan setempat mohon pencerahannya from Alex

Reply
avatar
sigidbogor
admin
Minggu, 14 April, 2013 ×

Kalau tidak tahu NOP nya, bagaimana cara mengetahui tagihan PBB ?
Saya hanya hanya punya sertifikat HGB atas kavling di suatu perumahan di Bogor.
Saya mau melunasi tunggakan PBB yang selama 10 tahun tidak saya bayar, karena tidak tahu atau tidak pernah menerima surat pemberitahuan pajak terhutangnya.
Mohon dijawab, kalau bisa via e mail : sigidbogor @ gmail.com
Atas bantuannya, terima kasih.

Reply
avatar
sigidbogor
admin
Minggu, 14 April, 2013 ×

Kalau tidak tahu NOP nya, bagaimana cara mengetahui tagihan PBB ?
Saya hanya hanya punya sertifikat HGB atas kavling di suatu perumahan di Bogor.
Saya mau melunasi tunggakan PBB yang selama 10 tahun tidak saya bayar, karena tidak tahu atau tidak pernah menerima surat pemberitahuan pajak terhutangnya.
Mohon dijawab, kalau bisa via e mail : sigidbogor @ gmail.com
Atas bantuannya, terima kasih.

Reply
avatar
Hafif
admin
Kamis, 25 April, 2013 ×

untuk menanyakan mengenai PBB ini, masih dilakukan di Kantor Pajak Pratama, atau di Dispenda pa?saya dengar kabar, dipindahkan pengurusannya ke dispenda.
Terima kasih.

Reply
avatar
Jumat, 17 Mei, 2013 ×

alasannya apa y, padahal sekarang kan jamannya terbuka, karena dengan dirahasiakan pajak, masyarakat tdk tahu brapa pjk yg telah ditrima pemerintah (atau dibayarkan rakyat buat pembangunan negara) dan brpa pula yg telah dipergunakan pemerintah buat kita.. UU KUP pasal 34 ttg kerahasiaan data wajib pajak mesti dibenahi tuh..
*ada yg setuju?

Reply
avatar
Anonim
admin
Sabtu, 08 Juni, 2013 ×

sekarang jaman nya online semua, kenapa masih pakai cara jaman batu... dimana banyak pungli dan pingpong sana sini

Reply
avatar
okie riesta
admin
Kamis, 13 Juni, 2013 ×

saya mw tnya pak,, klw untuk mengecek alamat pbb tanpa NOP bsa g y???

Reply
avatar
yohanes tarmidi
admin
Sabtu, 15 Juni, 2013 ×

slamet pagi Pa... kami mau menanyakan PBB atas nama Bpk. Yohanes Tarmidi yang beralamat di jl. laswi no. 56 baleendah Rt 4 RW 9 baleendah kabupaten bandung apa sudah bisa kami peroleh data informasi untuk tagihannya ? terimakasih.

Reply
avatar
Sabtu, 15 Juni, 2013 ×

Mau tanya saya membeli sebidang tanah beserta bangunannya di jogja, ketika kami datang ke notaris untuk pengurusan balik nama ternyata rumah yg saya beli belum pernah membayar PBB semenjak tanah tsb dibeli dan dibangun rumah. tanah beserta bangunannya adalah berbentuk kavlingan yang keseluruhannya berjumlah kurg lbh 10 kavling. PBB tersebut blm dipecah perkavling hingga total luas keseluruhan kurang lebih 1500m2. pertanyaan saya apakah saya selaku pembeli harus membayar PBB keseluruh kavling tsb? dan apakah bisa hanya membayar PBB seluas tanah dan bangunan yang saya beli dalam artian saya buat PBB baru karena belum pernah buat ddari penjualnya. terimakash banyak atas tanggapan yang saudara berikan.

Reply
avatar
Selasa, 18 Juni, 2013 ×

Maaf gan, disini tidak akan komentar cuma mau kasih info rujukan makalah pajak bagi yg minat silahkan ke gudang-makalah.com

Reply
avatar
herunaila
admin
Selasa, 18 Juni, 2013 ×

Di Indonesia ini yang paling susah emang urusan pajak, apalagi PBB kayaknya Konsultan Pajak aja jarang yang mau tangani yang sehubungan dengan PBB.

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Senin, 24 Juni, 2013 ×

dalam UU Pajak PBB bahwa Pengertian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dalam undang-undang tentang Pajak Bumi dan Bangunan
Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), yaitu harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar. Apabila tidak terdapat transaksi jual beli, NJOP ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, atau NJOP Pengganti...

Reply
avatar
pinjaman1
admin
Kamis, 27 Juni, 2013 ×

Ya, info yang menarik tentang pajak yang sering dijumpai. Terima kasih infonya gan....

Reply
avatar
Anonim
admin
Jumat, 05 Juli, 2013 ×

saya ingin tahu tagihan pajak PBB. saya sudah coba secara online di situs pajak, tapi tidak bisa juga. saya sudah daftar/sign in juga tidak bisa, sebenernya tagihan pajak bisa dilihat online tidak sih ko cara pengecekannya bertele-tele, tidak praktis

Reply
avatar
Anonim
admin
Jumat, 05 Juli, 2013 ×

saya ingin membayar tagihan pajak PBB saya yang di luar kota.saya coba melalui bank pemerintah, ternyata tidak bisa, alasannya pihak pemda tidak bekerja sama dengan bnak terkait. say disuruh cek ke KPP, tidak juga bisa online karena bukan wilayah kerjanya.kalau saya bisa urus ke kota yang pajak PBB-nya mau saya bayar saya ga mungkin repot-repot ke bank dan KPP.masa ga bisa dibayar secara online via atm atau transfer?sungguh sangat menyulitkan.tolong solusinya....

Reply
avatar
Anonim
admin
Senin, 19 Agustus, 2013 ×

ada apa dengan nomor pbb saya, sebab mau dibayar kok terjawab, nomor tidak terdaftar / salah, padahal sudah biasa tiap tahun nya membayar dengan nomor tersebut....tolong kasih jawabanya...tmkasih...

Reply
avatar
Anonim
admin
Kamis, 22 Agustus, 2013 ×

indikasi korup.. biasa geblek pemerintahnya

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 04 September, 2013 ×

mohon info pak, 10 tahun lalu saya ada kredit rmh btn di bekasi, sampe sekarang saya tidak tau apakah ada tagian PBBnya apa tidak, hal ini dikarenakan saya tinggal di solo. mohon info bagaimana caranya agar saya bisa melunasi kewajiban saya. terimakasih.

Reply
avatar
Ryan Adam
admin
Kamis, 19 September, 2013 ×

Ayah saya mempunyai rumah yg kurang lebih 40 tahun telah kosong dan tidak terawat. Tiba2 saja 10 tahun terakhir ini digunakan oleh kantor kelurahan setempat tanpa sepengetahuan kami dan bangunan telah direnovasi. Sekarang kami ingin mengurusnya dan ingin mengambil alih rumah tersebut tapi bukti surat pipil, pajak dll sudah hilang. Bagaimana cara mengurusnya? Apa kami bisa mengambil alih rumah itu dari kantor kelurahan?

Reply
avatar
Senin, 30 September, 2013 ×

mau tanya nih, memang diatas sudah dijelaskan soal pengecekan info pajak PBB melalui sistem online. kalo bisa dibuatkan agar kami para wajib pajak dapat mengetahui jumlah pajak yang dibayar. kalau soal rahasia bisa terjaga karena wajib pajak yang mau ngecek diminta NOP nya. pastinya tidak semua orang dapat mengetahui NOP itu.

Reply
avatar
AMIRULLAH
admin
Senin, 30 September, 2013 ×

sy rutin byr pbb setiap tahun, cuma tmt 2010 sy byr via internet bankin bni, saldo rek bni sy didebet. pas thn 2013 sy coba byr langsung di teller bank dan diberitahu mulai 2010-2012 pbb sy tdk pernah dibayar. ini bgmn solusinya, bs dicek dmn

Reply
avatar
Kendro Mas
admin
Senin, 07 Oktober, 2013 ×

Percuma punya rumah tapi susah buat bayar pajak karena ga ada salinan sppt nya.ribuan rumah di perum kota serang baru tidak ada spptnya susah bener urusnya.

Reply
avatar
Nanang AS
admin
Rabu, 06 November, 2013 ×

Kalo dilihat dari diskripsi nya Admin (adi wijaya) yang mengatakan kalo tidak bisa di cek via online karena bersifat rahasia ... apa bedanya kalo orang lain tau N.O.P kita trus datang ke Pajak Pratama dan bisa mendapatkan info tentang pajak kita

Reply
avatar
Anonim
admin
Sabtu, 09 November, 2013 ×

mau di cek aja gak bisa berarti ada yang sesuatu yang ditutupi, tagihan yang lain aja bisa dicek qo, jadi bisa dipastikan banyak kasus penyelewangan di pbb.

Reply
avatar
Manik franky
admin
Selasa, 19 November, 2013 ×

Punya no tlp CS yang bisa dihubungi untuk kosultasi masalah PBB untuk pengukuran Ulang rumah tinggal?

Reply
avatar
Nella CH
admin
Selasa, 21 Januari, 2014 ×

Salam kenal,
Saya mau bertanya, mohon diberikan jawaban ya, kalau Wp membeli tanah tahun 2010 kemudian baru mendaftar kan PBb pada tahun 2013, hitungan pajak atau tagihan pajak yang kita ambil seharusnya dari tahun berapa? apa dari tahun pembelian tanah atau tahun tanah tersebut di daftarkan? terima kasih banyak atas jawabannya, saya tunggu yaa :) tq

Reply
avatar
Sabtu, 25 Januari, 2014 ×

Bagaimana mengurus pajak bumi bangunan pada tanah girik yang dari tahun 60an belum dibayar

Reply
avatar
cendol raos
admin
Selasa, 18 Maret, 2014 ×

Saya ada rencana mau jual rumah milik ortu dan butuh info yang akurat mengenai berapa besar tunggakan PBB10 th terakhir tapi kemana saya hrs cari tahu perihal tersebut. dengan adanya artikel ini saya sangat terbantu, terimakasih kepada Adi Wijaya atas infonya yg bermanfaat ini.

Reply
avatar
Anonim
admin
Jumat, 28 Maret, 2014 ×

apa bisa cek PBB melalui alamat rumah atau sertifikat?

Reply
avatar
Jumat, 11 April, 2014 ×

halah saya uma ngecek PBB nya aja susah pak. di persulit dan malah dipalak 350 rb ma oknum petugas di t4.
trus solusiny gmn tuh pak ? sdgkn saya butuh datanys

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 30 April, 2014 ×

satu tahun lalu saya membeli sebidang tanah milik nenek saya,kmarin pamong kelurahan mengantarkan bukti pembayaran pajak milik nenek saya,disana tertera luas tanahnya tidak berkurang padahal saya sudah membeli sebagian tanahnya dan sertifikat tanah yang saya beli sudah jadi n saat ni saya pegang.saya menggunakan jasa advokat.untuk mengurus sertifikat tsb.tahun ini kok saya belum mendapat tagihan pajak?apakah memang belum waktunya?ato sertifikat saya palsu n tidak terdafta?trmksh sebelumnya atas bant

Reply
avatar
Anonim
admin
Rabu, 21 Mei, 2014 ×

dimana alamat untuk bisa cek PBB di luiar daerah.. klo memang jaringannnya sdh Online kayak Pemb,Rek Listrik begitu dimasukkan NOP langung ketahuan bayarnya. ma kashj infonya

Reply
avatar
Anonim
admin
Selasa, 03 Juni, 2014 ×

bgi yg puxa keluhan/mslh dg PBB, sy sarankan sgera serius utk mluangkn waktu (entah itu ijn/cuti tugas/krj bbrp hri) agr bs mngecek lngsung kondisi trbaru data/tagihan PBB Anda ke KP PBB setempat dimna objek pjak di dftrkn. jngn smpi mngalami mslh sprti kawan sy,ayahx sdh mndpt bagian tanah sawah dr alm kakekx tpi kenyataan pd prona 2008 malah di sertipikatkn dr nma alm kakek mjd a.n. org lain (bkn a.n. ayah dr kawan sy tsb) tnpa spengetahuan ayah kawan sy itu (ayah kawan sy itu taux dimintai tnda tangan tnpa diberikn penjelasan rinci dr pengajuaan prubahan srtipikat tnah bagianx) smentara org tsb jg sdh mndpt bagianx trsendiri yg sdh di srtipikatkn a.n. org itu jg (niat rakus ingin mnguasai 'hak milik' bagian tanah org). jngn takut mnghbskn bnyk wkt n tnaga bwt mncri tau kjelasan PBB trbaru,krn klu status srtipikat tnah brubah tnpa spengetahuan Anda mka data pd PBB jg psti brubah. ujung2x bukti pelunasan PBB akn dipke sbg slah 1 'alat bukti' kpemilikan ats tnah n bngunan (namax niat tdk baik, apapun akn dipke bwt mnjatuhkn yg lemah). penting! utk sgera mmbyr PBB, jauh lbh bagus lg jk stiap thn rutin mmbyr skaligus mngecek kmbli masuk/tdkx transaksi pmbyrn PBB tsb. bukti/kitir pelunasan PBB bs dipke sbg slah 1 dasar utk mlakukn pengajuan perubahan/peralihan nama pd sertipikat tanah (jk trnyta ada mslh dg kepemilikn srtipikatx). ayo buruan datang ke KP PBB utk memastikn hak skaligus kewajiban Anda. lindungi aset Anda demi trjagax amanat leluhur srta sumber kesejahteraan Anda. ayoo semangaaatt! ^_^

Reply
avatar
Anonim
admin
Senin, 14 Juli, 2014 ×

bagaimana cara mengetahui PBB sudah dibayar ato belum HANYA DENGAN modal sertifikat tanah ? bisa tidak

Reply
avatar
Anonim
admin
Kamis, 21 Agustus, 2014 ×

Mas Adi, salah satu comment anda sy baca "hanya wajib membayar 10 tahun terakhir,, yg di atasnya atau tahun2 sebelumnya gak apa2 ga dibayar.". Itu statement anda, boleh saya tau ketentuan itu diatur dimana? sedangkan PERGUB 129/2013 mewajibkan wajib pajak membayar tagihan tahun2 sebelum (yg pasti sblm 10 thn teakhir juga) dengan keringanan diskon dgn mengajukan permohonan ke UPPD setempat. Bahkan di Perda thn 2012 mengatur tagihan hya 5 tahun terakhir wajib dibayar, itupun dengan syarat, yakni bg nama wajib pajak yg tertera di SPPT sdh meninggal. Apabila memang ada ketentuan yg sangat kuat untuk kewajiban membayar hanya 10 tahun terakhir, mohon infonya supaya wajib pajak bisa diringankan bebannya. thanks

Reply
avatar
Anonim
admin
Selasa, 30 September, 2014 ×

th 2012 saya masih bisa membayar PBB via bank lain selain BJB, kenapa mulai th 2013 jadi tidak bisa dan hanya bisa melalui BJB?
Bukannya makin maju malah makin mundur, ada maksud apa ini kok malah merepotkan orang membayar pajak?!

Reply
avatar
Online Cara
admin
Kamis, 11 Juni, 2015 ×

wah enak nih bisa cek pbb kapanpun
makasih infonya kawan

Reply
avatar
Anonim
admin
Minggu, 21 Juni, 2015 ×

Bisa tidak kita mengecheck lokasi tanah berdasarkan SPPT PBB. terima kasih. mohon penjelasannya / infonya

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Sabtu, 04 Juli, 2015 ×

mf bru balas, baru aktf ngeblog lagi..:)
bisa banget gan karena di SPPT PBB itu telah mmberikan informasi tentang alamat objek pajak di mana,..?? yg punya spa..? luas objek pajak berapa..?smpai brapa pajak PBB yang harus di bayar.. terima kasih

Reply
avatar
Jumat, 11 September, 2015 ×

Maaf saya mau tanya apa ada biaya untuk mutasi PBB karena di desa saya dimintai uang 500.000. Dan apakah SPPT pembayaran PBB bisa didapat kalo membayar di Bank soalnya saya selalu bayar di petugas desa tetapi gak dapat SPPT. MAKASIH,,,,,,,,,

Reply
avatar
Jumat, 11 September, 2015 ×

klw skrang kan PBB sdh di tangani Pemda Pak jadi bapak gk usah lagi ya ke kantor pajak....
saat ini klw mau urus PBB nya bisa langsung ke Dinas Pendapatan masih2 kabupaten, bidan PBB nya ya pak... utk dpt SPPT PBB bapak langsung ke dispenda aja... terus konsultasikan mengenai kejadian yang bapak alamai tentang, adanya permintaan uang 500 rbu di desa nya,, tanyakan apakah itu ada dasar hukumnya,, makasih pak

Reply
avatar
diana
admin
Rabu, 30 September, 2015 ×

Good Infonya, bisa jadi memudahkan bagi mereka yang tidak atau belum menerima PBB sampai jatuh temponya ... thanks

Reply
avatar
Eka Aprilina
admin
Rabu, 20 Januari, 2016 ×

Bagaimana cek no nop kalo penjualnya aja sdh tdk tau

Reply
avatar
Prayitno
admin
Rabu, 24 Februari, 2016 ×

Mengapa Dinas Pajak tidak menyediakan informasi dan pembayaran online....?
(seperti halnya PLN, cukup input nomor kontrak lalu muncul berapa jumlah tagihannya. Dan pembayarannya bisa online, di mana saja dan kapan saja)
Seharusnya itikad baik para wajib pajak lebih dipermudah, sehingga tidak ada keengganan lagi untuk menunaikan kewajibannya.

Reply
avatar
Kamis, 25 Februari, 2016 ×

mas saya hadi
mau tanya saya saya check ditahun 2004 lunas
tetapi dari 2005 s/d 2009 tidak ada tagihannya yah
saya chek di web http://dpp.jakarta.go.id/
orang tua saya meninggal dan saya tidak mengerti kapan terakhir bayar PBB
cara checknya bagaimana?
jika memang terakhir org tua saya almarhum bayar di 2004
apakah saya tetap bayar dari 2005 s/d tahun ini 2016
kondisi keuangan saya tidak memadai cara dan solusi dari kantor pajak bagaimana?>?

Reply
avatar
Selasa, 05 April, 2016 ×

Hallo Selamat Pagi Mas @Adi Wijaya.
Saya ingin tanya :
Misalkan PBB saya sejak tahun 2002 - 2015 belum dibayar. sedangkan pada tahun 2016 ini saya ingin membayar PBB. Apakah saya harus melunasi PBB ditahun2 sebelumnya (2002-2015) atau bisa membayar tahun 2016 saja? Mohon pencerahannya :)

Reply
avatar
apkandroid
admin
Selasa, 05 April, 2016 ×

informasi menarik
sekarang sudah bisa online pbb
terima kasih infonya

Reply
avatar
carakpr
admin
Sabtu, 16 April, 2016 ×

nice share
makin mudah lihat pajak pbb sekarang
thanks for information

Reply
avatar
Gumeh
admin
Jumat, 22 April, 2016 ×

Selamat Pagi
Kasus Yang saya Alamai sekarang, tentang Luas tanah yang terdapat di SPTD PBB tidak benar, di karnakan luas tanah yang keluarga kami tempati sudah dikurangi oleh tanah wakap masjid,pemakaman umum, namun di SPTD PBB kami masih mencakup keseluruhan tanah sebelum dikurangi wakap masjid,dan pemakaman umum.dan Untuk Pembayaran tahun kemaren saya sudah bayar, ko sekarang ada tagihaan belum bayar pajak di tahun 2015.
Mohon di bantu
terima kasih.

Reply
avatar
Unknown
admin
Selasa, 10 Mei, 2016 ×

Sy berniat melakukan aktivasi pajak yg sdh terblokir tp begitu sy sdh dtg ke kantor pelayanan aktivasi terdapat kekosongan bayar 7 thn lalu, meski sy sdh tunjukan bukti stts thn 2008 yg jg dibayar th 2009 berbarengan tp 2009 sy tdk ada stts nya dan bagian pelayanan tdk mau mengurus aktivasi sy sblm ada stts (surat tanda terima setoran)katanya sy blm byr th 2009 krn di print out tdk tertulis, pertanyaan: apa sy hrs byr lagi padahal thn 2009 sy sdh byr atau bolehkah sy minta surat keterangan hilang stts agar pihak pajak mau mengeluarkan stts th 2009.tolong beri saran terima kasih

Reply
avatar
Anonim
admin
Jumat, 17 Juni, 2016 ×

saya yakin betul kalau pajak bumi dan bangunan ini di korupsi
bukti nya
--------- Surat SPPT / STTS kami telah di bayar lunas, saat di cek di semua data pembayaran pajak bumi dan bangunan STATUS BAYAR kokkKrpt belum lunas padahal bukti pelunasan nya ada
--------- saat di tanya di bank/atau bendahara dispenda semua jawaban nya mereka tidak tahu coba di suruh ke kantor pajak pratama saat di kantor pajak pratama petugas nya juga bilang dia juga tidak tahu sebab semua sudah di kembalikan pada kantor pemerintah masing masing

Reply
avatar

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ConversionConversion EmoticonEmoticon