Cara Mengecek Tagihan Pajak PBB anda?

Mengecek tagihan Pajak PBB mungkin terasa mudah oleh sebagian orang apalagi bagi orang yang sudah terbiasa melakukan aktivitas ini. tulisan ini sengaja saya angkat karena pengalaman saya ketika PKL di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bogor masih banyak wajib pajak yang tidak mengetahui kalau ternyata dia punya utang pajak yang belum dilunasi pada tahun-tahun sebelumnya utamanya 10 tahun ke belakang. mereka baru mengetahui ketika saya print out kan Pajak terutang PBB nya. Jadi, dalam kasus ini saya merasa perlu membagi informasi ini untuk diketahui oleh semua wajib pajak. 
kemudian ada juga kasus lain yang dia setor uang pajaknya ke kelurahan tapi setelah dia ke kantor pajak tempat objek pajaknya terdaftar dan di print out kan ternyata uang yang dibayarkan oleh pejabat ke kelurahan tersebut belum dibayarkan atau belum disetorkan ke kas negara dan buktinya dapat dilihat dari bukti print out . padahal hal ini sangat mudah di hindari oleh wajib pajak yang tidak mengerti tentang pajak sekalipun. kalau perlu anda sendiri yang mengurus pembayaran pajak PBB anda di kantor pajak. 

Nah, berikut cara mengecek tagihan PBB anda dikantor pajak.
  1. pertama-tama anda pasti harus datang ke kantor pelayanan pajak pratama tempat objek pajak tersebut terdaftar kemudian silahkan anda ambil nomor antrian (budayakan selalu antri secara teratur)
  2. setelah giliran anda dipanggil oleh petugas pelayanan Kantor Pajak tersebut silahkan PERLIHATKAN NPOP (Nomor Pokok Objek Pajak) atau paling baik lagi perlihatkan fotokopi SPPT PBB anda dan silahkan tunggu beberapa menit hasilnya print out yang anda minta akan diberikan oleh petugas yang ada di kantor pelayanan pajak tersebut.
  3. setelah anda melihat print outnya lihatlah tahun berapa yang kosong,, itu artinya pada tahun tersebut anda atau pemilik tanah belum membayar Utang Pajak PBB nya dan di wajibkan pemilik tanah yang sekarang harus melunasi utang pajaknya dalam waktu 10 tahun ke belakang.            
 Keuntungan mengecek tagihan pajak PBB anda.
  1. Bagi orang yang ingin membeli tanah paling bagus jika calon pembeli tanah tersebut dapat mengecek tagihan pajak PBB nya pada tahun-tahun sebelumnya jadi setelah anda membeli tanah tersebut anda tidak perlu lagi terbebani dengan tagihan pajak sebelumnya.
  2. anda dapat mengetahui tagihan pajak anda dari tahun ke tahun, jadi anda tidak merasa terbebani dengan tagihan PBB lagi.
perhatian: pelayanan ini GRATIS dan tidak dipungut biaya.

92 Komentar untuk "Cara Mengecek Tagihan Pajak PBB anda?"

  1. kasus saya begini pak,
    saya mau cari info, tahun berapa saja PBB tanah dai oom saya (sudah meninggal) yang belum dibayar, tapi malah di ping-pong :

    - tanya ke DPP KAD (Kantor di Pemda setempat)
    DPP KAD bilang disana data tidak uptodate, suruh tanya ke kantor pajak setempat
    - di kantor pajak setempat juga tidak ada data valid, disuruh ke kantor pajak wilayah (KANWIL)
    - di Kanwil dibilang, data disana juga tidak uptodate, karena : KADANG BANK TIDAK MENGIRIMKAN DATA PBB YG SUDAH DIBAYAR

    Intinya : tidak ada kantor yg punya data VALID pembayaran PBB.

    Pertanyaannya : KALAU UANGNYA DI KANTONGI OLEH OKNUM TERTENTU SIAPA YANG BISA NGE-CEK ????????

    Saran : Jangan cuma nagih kalo nantinya ada peluang bisa di KORUPSI….
    bukan nuduh lho pak, cuma kan diatas ada tulisan : uang yang dibayarkan oleh pejabat ke kelurahan tersebut belum dibayarkan atau belum disetorkan ke kas negara dan buktinya dapat dilihat dari bukti print out .

    BalasHapus
  2. sesuai pengalaman sy klw mau ngecek tagihan pajak PBB itu slh satu caranya dapt lngsung dtg ke Kntor pajak t4 obbjek pajak tersebut terdaftar, nah nnt dr pegawai tersebut akan mmberikan data tagihan yg anda minta maksimal 10 tahun ke belakang.

    nah, klw baca kasus saudara smua usaha telah saudara lakukan dgn maksimal tp anda tdk mendapt data yg anda inginkan.

    mngkn ada ksalahan apkah objek nya blm di dftrkan atau ada ksalhan lain.

    sdngkan uang pembayaran pajak saudara itu langsung di setor ke bank atau kantor pos nah nnt duit nya itu gk masuk ke kantor pribadi org pajak tp melainkan lngsung ke kas negara. nah anda hanya mendapatkan bukti bahwa telah melakukan pembayaran pajak melalui bank tersbut.

    dan butki pembyaran itu sdh kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy berniat melakukan aktivasi pajak yg sdh terblokir tp begitu sy sdh dtg ke kantor pelayanan aktivasi terdapat kekosongan bayar 7 thn lalu, meski sy sdh tunjukan bukti stts thn 2008 yg jg dibayar th 2009 berbarengan tp 2009 sy tdk ada stts nya dan bagian pelayanan tdk mau mengurus aktivasi sy sblm ada stts (surat tanda terima setoran)katanya sy blm byr th 2009 krn di print out tdk tertulis, pertanyaan: apa sy hrs byr lagi padahal thn 2009 sy sdh byr atau bolehkah sy minta surat keterangan hilang stts agar pihak pajak mau mengeluarkan stts th 2009.tolong beri saran terima kasih

      Hapus
  3. bagai mana ya caranya klk mau cek tagian PBB tapi kita tidak tau NPOP nya.... tolong bantuannya. trimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus Sama Nich ..... Tolong Info nYa g mana caranya, data cuman alamat lengkapnya tanpa NOP .....

      Hapus
    2. Up..Up..Up... Kasus yang sama ..... tolong admin bantu infonya, data yang di punya cuma alamat lengkap tanpa NOP ..... trims

      Hapus
  4. kenapa susah banget ya unt ngecek, apa tidak ada situs tertentu diinternet agar ada keterbukaan dan pembayar pajak tdk harus datang kekantor pajak yg cukup jauh dan macet

    BalasHapus
  5. Rumah saya dikontrakkan karena saya harus bekerja diluar pulau, bagaimana saya bisa memeriksa apakah pengontrak rumah saya sudah melakukan kewajibannya membayar PBB seperti kesepakatan dinotaris PBB ditanggung pengontrak.Adakah cara yg mudah untuk memeriksanya mungkin melalui telpon atau fasilitas internet ? Trimakasih

    BalasHapus
  6. @jojo: lw mau ngecek tp gk tau NOP, kayaknya agak ribet yah soalnya itu petunjuk langsung...kecuali ada keterangan/bukti lain yg bs d jadikan pedoman untuk telsuri datanya d KPP PBB..

    @anonim: smua yg berhubungan dgn wajib pajak adalah bersifat rahasia, itu bunyi UU KUP pasal 34 ttg kerahasiaan data wajib pajak, itu mngapa tdk boleh di sebarin bgtu aja datanya di internet,apalagi mau ngcek yg lain2, ckup kt datang ke Kantor pajak mnta bantuan di sana untuk di cekkan..krn sdh itulah prosedurnya, mngkn ke depan ada inovasi sperti yg anda maksud..:)

    @anonim: berdasarkan pengalman saya, kebanyakan org ngecek apakah PBB nya telah di lunasi atau tidak adalah datang langsung dgn membawa NOP nya... nnt di cek dari nomor NOPnya,, yah solusinya, brangkali klw anda plng sekali setahun bisalah ke kantor KPP PBB untuk di cek,,, cepat kok cmn beberpa menit duduk, cek, print out,dan silahkan lihat sndiri mana yg belum di lunasi oleh si pengontrak, atau klw gk ngerti silahkn tanya pegawai yg melayani anda, pasti di bantu..

    terima kasih smga bs membantu..

    BalasHapus
  7. saya mau nanya dunk, bapak saya sudah meninggal dan ternyata sudah beberapa tahun pbb tidak dibayarkan, sempet cek ke notaris kalau pbbnya sudah mati, bagaimana caranya yah untuk menerbitkan kembali dan melunasi pajak terhutang, lokasi pondok cabe tangerang selatan, terima kasih sebelumnya atas jawabannya,...

    BalasHapus
  8. @diana: saran saya, lebih baik ke kntor pajak aja dlu kemudian kasi NOP (nomor objek pajaknya) nah nnti minta di cek dlu brapa tahun blm di bayar pajaknya...lw gk tau baca jg brpa tahun yg belm di bayar,,, yah tanya aja petugas di stu,,mas jadi tahun brpa aja yg belum di bayar pajak PBB nenek sy, nah dia akan menjelaskan tuh..??

    catatan jg,,, untuk kewajiban pajak PBB terutang itu hanya 10 tahun ke belakang lho.. di atas itu gk apa2 gk di bayar...

    nah setelah di jelaskan oleh petugas dan mengerti... langsung sj bayar ke bank,, biasanya di kantor pajak itu telah ada BANK yg diajak kerja sama jdi bs lngsung di bayar di stu krena sistem bank di stu sdh online dgn sistem pajak.

    nah stelah bayar,, minta di print out lgi sm petugas nya... nah lw sdh bayar utang pajaknya,,maka di stu akan jelas telah di bayar smua...oke

    BalasHapus
  9. minta tlg donk, di SPPT PBB 2012 rumah sy yg tertera hanya nilai tanah saja, sedangkan nilai bangunan tidak muncul, padahal bangunan/rumah telah berdiri sejak pertengahan 2010...apakah itu telah benar?kalo tidak, siapakah yg harus mengurus pendaftaran bangunan itu (sy ato developer)?
    fyi: rumah sy beli baru dari developer perumahan
    terimakasih jawabannya ya

    BalasHapus
  10. SPPT ibu saya selama 3 tahun belakangan ini kok belum di kasih, sempat aku tanyakan ke kantor kelurahan tempat ibu saya tinggal katanya bulum ada.
    Yang saya tanyakan di mana saya harus mengecek sppt ibu saya ? ( sudah keluar / belum )

    BalasHapus
  11. FUCCK!!!
    JEMBOT!!
    AFU!!!

    PAJAK GA ADA PERUBAHAN!!
    CEK ONLINE AJA GA BISA!!
    APA TU PEGAWE GA PUNYA OTAK KALO ANE PEKERJA FREELANCE,, LOMPAT DARI SATU PULAU KE PULAU YANG LAINNYA!! SECARA GUE PM( PROJECT MANAGER)

    BalasHapus
  12. Mohon bantuannya kalo mengurus PBB pertaman kali persyaratannya apa aja ya Ɣªήğ diperlukan untuk ke akntor pajak.thx

    BalasHapus
  13. bukan NPOP tapi N.O.P (Nomor Objek Pajak)

    BalasHapus
  14. kalau mau cek nilai njop bagaimana ya, soalnya klihatanya temanya fokus ke nilai pajak tertanggungnya ...

    tks alot
    www.ag03s.blogspot.com

    BalasHapus
  15. saya pernah bayar pbb di salah satu bank kenapa sekarang kok engga bisa lagi ya tolong penjelasanya

    BalasHapus
  16. Saya beli sebidang tanah, namun PBB nya masih nginduk sama yang penjualnya. Pertanyaan saya adalah: Bagaimana caranya, agar pembayaran PBB nya bisa terpisah ( masing-masing)?

    BalasHapus
  17. untuk pak Subejo,, PBB induk di mutasi dulu, klu sudah pecah baru bayar

    BalasHapus
  18. bagai mana cara mengetahui data pbb / wajib pajak, tempat dan situasinya, yang pemiliknya sudah meninggal. dan bagai mana jika tmpat tersbut sdah di jual tanpa sepengetahuan ahliwaris.

    BalasHapus
  19. Tahun 2006 sampai 2012 kami sudah bayar PBB (dg nomor objek pajak 51.03.010.011-0010.0, dg nama wajib pajak Anas Ma'ruf,dg alamat wajib dan objek pajak Jalan Pelita No.15 Tuban-Bali),yg tercek dr BDB Tuban-Bali tahun 2008,2011&2012 kami belum bayar PBB,jelas2 ada bukti setorannya. Mohon informasinya. Trm ksh bnyk.

    BalasHapus
  20. Tahun 2006 sampai 2012 kami sudah bayar PBB (dg nomor objek pajak 51.03.010.001.011-0010.0, dg nama wajib pajak Anas Ma'ruf,dg alamat wajib dan objek pajak Jalan Pelita No.15 Tuban-Bali),yg tercek dr BDB Tuban-Bali tahun 2008,2011&2012 kami belum bayar PBB,jelas2 ada bukti setorannya. Mohon benar-benar dicek segera.

    BalasHapus
  21. Saya pernah bayar pbb melalui Internet Bangking BCA, kenapa sekarang kok engga bisa lagi ya tolong penjelasanya. Email : wuranto@gmail.com

    BalasHapus
  22. Mau Tanya saya akan membeli rumah tapi pbb rumah tsb setelah di cek meragukan ,APA sebabnya ,apa saya dapat mencari arsip pbb tsb di kelurahan setempat mohon pencerahannya from Alex

    BalasHapus
  23. Kalau tidak tahu NOP nya, bagaimana cara mengetahui tagihan PBB ?
    Saya hanya hanya punya sertifikat HGB atas kavling di suatu perumahan di Bogor.
    Saya mau melunasi tunggakan PBB yang selama 10 tahun tidak saya bayar, karena tidak tahu atau tidak pernah menerima surat pemberitahuan pajak terhutangnya.
    Mohon dijawab, kalau bisa via e mail : sigidbogor @ gmail.com
    Atas bantuannya, terima kasih.

    BalasHapus
  24. Kalau tidak tahu NOP nya, bagaimana cara mengetahui tagihan PBB ?
    Saya hanya hanya punya sertifikat HGB atas kavling di suatu perumahan di Bogor.
    Saya mau melunasi tunggakan PBB yang selama 10 tahun tidak saya bayar, karena tidak tahu atau tidak pernah menerima surat pemberitahuan pajak terhutangnya.
    Mohon dijawab, kalau bisa via e mail : sigidbogor @ gmail.com
    Atas bantuannya, terima kasih.

    BalasHapus
  25. untuk menanyakan mengenai PBB ini, masih dilakukan di Kantor Pajak Pratama, atau di Dispenda pa?saya dengar kabar, dipindahkan pengurusannya ke dispenda.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. alasannya apa y, padahal sekarang kan jamannya terbuka, karena dengan dirahasiakan pajak, masyarakat tdk tahu brapa pjk yg telah ditrima pemerintah (atau dibayarkan rakyat buat pembangunan negara) dan brpa pula yg telah dipergunakan pemerintah buat kita.. UU KUP pasal 34 ttg kerahasiaan data wajib pajak mesti dibenahi tuh..
    *ada yg setuju?

    BalasHapus
  27. sekarang jaman nya online semua, kenapa masih pakai cara jaman batu... dimana banyak pungli dan pingpong sana sini

    BalasHapus
  28. saya mw tnya pak,, klw untuk mengecek alamat pbb tanpa NOP bsa g y???

    BalasHapus
  29. yohanes tarmidiSabtu, 15 Juni, 2013

    slamet pagi Pa... kami mau menanyakan PBB atas nama Bpk. Yohanes Tarmidi yang beralamat di jl. laswi no. 56 baleendah Rt 4 RW 9 baleendah kabupaten bandung apa sudah bisa kami peroleh data informasi untuk tagihannya ? terimakasih.

    BalasHapus
  30. Mau tanya saya membeli sebidang tanah beserta bangunannya di jogja, ketika kami datang ke notaris untuk pengurusan balik nama ternyata rumah yg saya beli belum pernah membayar PBB semenjak tanah tsb dibeli dan dibangun rumah. tanah beserta bangunannya adalah berbentuk kavlingan yang keseluruhannya berjumlah kurg lbh 10 kavling. PBB tersebut blm dipecah perkavling hingga total luas keseluruhan kurang lebih 1500m2. pertanyaan saya apakah saya selaku pembeli harus membayar PBB keseluruh kavling tsb? dan apakah bisa hanya membayar PBB seluas tanah dan bangunan yang saya beli dalam artian saya buat PBB baru karena belum pernah buat ddari penjualnya. terimakash banyak atas tanggapan yang saudara berikan.

    BalasHapus
  31. Maaf gan, disini tidak akan komentar cuma mau kasih info rujukan makalah pajak bagi yg minat silahkan ke gudang-makalah.com

    BalasHapus
  32. Di Indonesia ini yang paling susah emang urusan pajak, apalagi PBB kayaknya Konsultan Pajak aja jarang yang mau tangani yang sehubungan dengan PBB.

    BalasHapus
  33. dalam UU Pajak PBB bahwa Pengertian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dalam undang-undang tentang Pajak Bumi dan Bangunan
    Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), yaitu harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar. Apabila tidak terdapat transaksi jual beli, NJOP ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis, nilai perolehan baru, atau NJOP Pengganti...

    BalasHapus
  34. Ya, info yang menarik tentang pajak yang sering dijumpai. Terima kasih infonya gan....

    BalasHapus
  35. saya ingin tahu tagihan pajak PBB. saya sudah coba secara online di situs pajak, tapi tidak bisa juga. saya sudah daftar/sign in juga tidak bisa, sebenernya tagihan pajak bisa dilihat online tidak sih ko cara pengecekannya bertele-tele, tidak praktis

    BalasHapus
  36. saya ingin membayar tagihan pajak PBB saya yang di luar kota.saya coba melalui bank pemerintah, ternyata tidak bisa, alasannya pihak pemda tidak bekerja sama dengan bnak terkait. say disuruh cek ke KPP, tidak juga bisa online karena bukan wilayah kerjanya.kalau saya bisa urus ke kota yang pajak PBB-nya mau saya bayar saya ga mungkin repot-repot ke bank dan KPP.masa ga bisa dibayar secara online via atm atau transfer?sungguh sangat menyulitkan.tolong solusinya....

    BalasHapus
  37. ada apa dengan nomor pbb saya, sebab mau dibayar kok terjawab, nomor tidak terdaftar / salah, padahal sudah biasa tiap tahun nya membayar dengan nomor tersebut....tolong kasih jawabanya...tmkasih...

    BalasHapus
  38. indikasi korup.. biasa geblek pemerintahnya

    BalasHapus
  39. mohon info pak, 10 tahun lalu saya ada kredit rmh btn di bekasi, sampe sekarang saya tidak tau apakah ada tagian PBBnya apa tidak, hal ini dikarenakan saya tinggal di solo. mohon info bagaimana caranya agar saya bisa melunasi kewajiban saya. terimakasih.

    BalasHapus
  40. Ayah saya mempunyai rumah yg kurang lebih 40 tahun telah kosong dan tidak terawat. Tiba2 saja 10 tahun terakhir ini digunakan oleh kantor kelurahan setempat tanpa sepengetahuan kami dan bangunan telah direnovasi. Sekarang kami ingin mengurusnya dan ingin mengambil alih rumah tersebut tapi bukti surat pipil, pajak dll sudah hilang. Bagaimana cara mengurusnya? Apa kami bisa mengambil alih rumah itu dari kantor kelurahan?

    BalasHapus
  41. mau tanya nih, memang diatas sudah dijelaskan soal pengecekan info pajak PBB melalui sistem online. kalo bisa dibuatkan agar kami para wajib pajak dapat mengetahui jumlah pajak yang dibayar. kalau soal rahasia bisa terjaga karena wajib pajak yang mau ngecek diminta NOP nya. pastinya tidak semua orang dapat mengetahui NOP itu.

    BalasHapus
  42. sy rutin byr pbb setiap tahun, cuma tmt 2010 sy byr via internet bankin bni, saldo rek bni sy didebet. pas thn 2013 sy coba byr langsung di teller bank dan diberitahu mulai 2010-2012 pbb sy tdk pernah dibayar. ini bgmn solusinya, bs dicek dmn

    BalasHapus
  43. Percuma punya rumah tapi susah buat bayar pajak karena ga ada salinan sppt nya.ribuan rumah di perum kota serang baru tidak ada spptnya susah bener urusnya.

    BalasHapus
  44. Kalo dilihat dari diskripsi nya Admin (adi wijaya) yang mengatakan kalo tidak bisa di cek via online karena bersifat rahasia ... apa bedanya kalo orang lain tau N.O.P kita trus datang ke Pajak Pratama dan bisa mendapatkan info tentang pajak kita

    BalasHapus
  45. mau di cek aja gak bisa berarti ada yang sesuatu yang ditutupi, tagihan yang lain aja bisa dicek qo, jadi bisa dipastikan banyak kasus penyelewangan di pbb.

    BalasHapus
  46. Punya no tlp CS yang bisa dihubungi untuk kosultasi masalah PBB untuk pengukuran Ulang rumah tinggal?

    BalasHapus
  47. Salam kenal,
    Saya mau bertanya, mohon diberikan jawaban ya, kalau Wp membeli tanah tahun 2010 kemudian baru mendaftar kan PBb pada tahun 2013, hitungan pajak atau tagihan pajak yang kita ambil seharusnya dari tahun berapa? apa dari tahun pembelian tanah atau tahun tanah tersebut di daftarkan? terima kasih banyak atas jawabannya, saya tunggu yaa :) tq

    BalasHapus
  48. Bagaimana mengurus pajak bumi bangunan pada tanah girik yang dari tahun 60an belum dibayar

    BalasHapus
  49. Saya ada rencana mau jual rumah milik ortu dan butuh info yang akurat mengenai berapa besar tunggakan PBB10 th terakhir tapi kemana saya hrs cari tahu perihal tersebut. dengan adanya artikel ini saya sangat terbantu, terimakasih kepada Adi Wijaya atas infonya yg bermanfaat ini.

    BalasHapus
  50. apa bisa cek PBB melalui alamat rumah atau sertifikat?

    BalasHapus
  51. halah saya uma ngecek PBB nya aja susah pak. di persulit dan malah dipalak 350 rb ma oknum petugas di t4.
    trus solusiny gmn tuh pak ? sdgkn saya butuh datanys

    BalasHapus
  52. satu tahun lalu saya membeli sebidang tanah milik nenek saya,kmarin pamong kelurahan mengantarkan bukti pembayaran pajak milik nenek saya,disana tertera luas tanahnya tidak berkurang padahal saya sudah membeli sebagian tanahnya dan sertifikat tanah yang saya beli sudah jadi n saat ni saya pegang.saya menggunakan jasa advokat.untuk mengurus sertifikat tsb.tahun ini kok saya belum mendapat tagihan pajak?apakah memang belum waktunya?ato sertifikat saya palsu n tidak terdafta?trmksh sebelumnya atas bant

    BalasHapus
  53. dimana alamat untuk bisa cek PBB di luiar daerah.. klo memang jaringannnya sdh Online kayak Pemb,Rek Listrik begitu dimasukkan NOP langung ketahuan bayarnya. ma kashj infonya

    BalasHapus
  54. bgi yg puxa keluhan/mslh dg PBB, sy sarankan sgera serius utk mluangkn waktu (entah itu ijn/cuti tugas/krj bbrp hri) agr bs mngecek lngsung kondisi trbaru data/tagihan PBB Anda ke KP PBB setempat dimna objek pjak di dftrkn. jngn smpi mngalami mslh sprti kawan sy,ayahx sdh mndpt bagian tanah sawah dr alm kakekx tpi kenyataan pd prona 2008 malah di sertipikatkn dr nma alm kakek mjd a.n. org lain (bkn a.n. ayah dr kawan sy tsb) tnpa spengetahuan ayah kawan sy itu (ayah kawan sy itu taux dimintai tnda tangan tnpa diberikn penjelasan rinci dr pengajuaan prubahan srtipikat tnah bagianx) smentara org tsb jg sdh mndpt bagianx trsendiri yg sdh di srtipikatkn a.n. org itu jg (niat rakus ingin mnguasai 'hak milik' bagian tanah org). jngn takut mnghbskn bnyk wkt n tnaga bwt mncri tau kjelasan PBB trbaru,krn klu status srtipikat tnah brubah tnpa spengetahuan Anda mka data pd PBB jg psti brubah. ujung2x bukti pelunasan PBB akn dipke sbg slah 1 'alat bukti' kpemilikan ats tnah n bngunan (namax niat tdk baik, apapun akn dipke bwt mnjatuhkn yg lemah). penting! utk sgera mmbyr PBB, jauh lbh bagus lg jk stiap thn rutin mmbyr skaligus mngecek kmbli masuk/tdkx transaksi pmbyrn PBB tsb. bukti/kitir pelunasan PBB bs dipke sbg slah 1 dasar utk mlakukn pengajuan perubahan/peralihan nama pd sertipikat tanah (jk trnyta ada mslh dg kepemilikn srtipikatx). ayo buruan datang ke KP PBB utk memastikn hak skaligus kewajiban Anda. lindungi aset Anda demi trjagax amanat leluhur srta sumber kesejahteraan Anda. ayoo semangaaatt! ^_^

    BalasHapus
  55. bagaimana cara mengetahui PBB sudah dibayar ato belum HANYA DENGAN modal sertifikat tanah ? bisa tidak

    BalasHapus
  56. Mas Adi, salah satu comment anda sy baca "hanya wajib membayar 10 tahun terakhir,, yg di atasnya atau tahun2 sebelumnya gak apa2 ga dibayar.". Itu statement anda, boleh saya tau ketentuan itu diatur dimana? sedangkan PERGUB 129/2013 mewajibkan wajib pajak membayar tagihan tahun2 sebelum (yg pasti sblm 10 thn teakhir juga) dengan keringanan diskon dgn mengajukan permohonan ke UPPD setempat. Bahkan di Perda thn 2012 mengatur tagihan hya 5 tahun terakhir wajib dibayar, itupun dengan syarat, yakni bg nama wajib pajak yg tertera di SPPT sdh meninggal. Apabila memang ada ketentuan yg sangat kuat untuk kewajiban membayar hanya 10 tahun terakhir, mohon infonya supaya wajib pajak bisa diringankan bebannya. thanks

    BalasHapus
  57. th 2012 saya masih bisa membayar PBB via bank lain selain BJB, kenapa mulai th 2013 jadi tidak bisa dan hanya bisa melalui BJB?
    Bukannya makin maju malah makin mundur, ada maksud apa ini kok malah merepotkan orang membayar pajak?!

    BalasHapus
  58. wah enak nih bisa cek pbb kapanpun
    makasih infonya kawan

    BalasHapus
  59. Bisa tidak kita mengecheck lokasi tanah berdasarkan SPPT PBB. terima kasih. mohon penjelasannya / infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf bru balas, baru aktf ngeblog lagi..:)
      bisa banget gan karena di SPPT PBB itu telah mmberikan informasi tentang alamat objek pajak di mana,..?? yg punya spa..? luas objek pajak berapa..?smpai brapa pajak PBB yang harus di bayar.. terima kasih

      Hapus
  60. Maaf saya mau tanya apa ada biaya untuk mutasi PBB karena di desa saya dimintai uang 500.000. Dan apakah SPPT pembayaran PBB bisa didapat kalo membayar di Bank soalnya saya selalu bayar di petugas desa tetapi gak dapat SPPT. MAKASIH,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw skrang kan PBB sdh di tangani Pemda Pak jadi bapak gk usah lagi ya ke kantor pajak....
      saat ini klw mau urus PBB nya bisa langsung ke Dinas Pendapatan masih2 kabupaten, bidan PBB nya ya pak... utk dpt SPPT PBB bapak langsung ke dispenda aja... terus konsultasikan mengenai kejadian yang bapak alamai tentang, adanya permintaan uang 500 rbu di desa nya,, tanyakan apakah itu ada dasar hukumnya,, makasih pak

      Hapus
  61. Good Infonya, bisa jadi memudahkan bagi mereka yang tidak atau belum menerima PBB sampai jatuh temponya ... thanks

    BalasHapus
  62. Mengapa Dinas Pajak tidak menyediakan informasi dan pembayaran online....?
    (seperti halnya PLN, cukup input nomor kontrak lalu muncul berapa jumlah tagihannya. Dan pembayarannya bisa online, di mana saja dan kapan saja)
    Seharusnya itikad baik para wajib pajak lebih dipermudah, sehingga tidak ada keengganan lagi untuk menunaikan kewajibannya.

    BalasHapus
  63. mas saya hadi
    mau tanya saya saya check ditahun 2004 lunas
    tetapi dari 2005 s/d 2009 tidak ada tagihannya yah
    saya chek di web http://dpp.jakarta.go.id/
    orang tua saya meninggal dan saya tidak mengerti kapan terakhir bayar PBB
    cara checknya bagaimana?
    jika memang terakhir org tua saya almarhum bayar di 2004
    apakah saya tetap bayar dari 2005 s/d tahun ini 2016
    kondisi keuangan saya tidak memadai cara dan solusi dari kantor pajak bagaimana?>?

    BalasHapus
  64. Hallo Selamat Pagi Mas @Adi Wijaya.
    Saya ingin tanya :
    Misalkan PBB saya sejak tahun 2002 - 2015 belum dibayar. sedangkan pada tahun 2016 ini saya ingin membayar PBB. Apakah saya harus melunasi PBB ditahun2 sebelumnya (2002-2015) atau bisa membayar tahun 2016 saja? Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  65. informasi menarik
    sekarang sudah bisa online pbb
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  66. nice share
    makin mudah lihat pajak pbb sekarang
    thanks for information

    BalasHapus
  67. Selamat Pagi
    Kasus Yang saya Alamai sekarang, tentang Luas tanah yang terdapat di SPTD PBB tidak benar, di karnakan luas tanah yang keluarga kami tempati sudah dikurangi oleh tanah wakap masjid,pemakaman umum, namun di SPTD PBB kami masih mencakup keseluruhan tanah sebelum dikurangi wakap masjid,dan pemakaman umum.dan Untuk Pembayaran tahun kemaren saya sudah bayar, ko sekarang ada tagihaan belum bayar pajak di tahun 2015.
    Mohon di bantu
    terima kasih.

    BalasHapus
  68. saya yakin betul kalau pajak bumi dan bangunan ini di korupsi
    bukti nya
    --------- Surat SPPT / STTS kami telah di bayar lunas, saat di cek di semua data pembayaran pajak bumi dan bangunan STATUS BAYAR kokkKrpt belum lunas padahal bukti pelunasan nya ada
    --------- saat di tanya di bank/atau bendahara dispenda semua jawaban nya mereka tidak tahu coba di suruh ke kantor pajak pratama saat di kantor pajak pratama petugas nya juga bilang dia juga tidak tahu sebab semua sudah di kembalikan pada kantor pemerintah masing masing

    BalasHapus
  69. om mau tanya terakhir orang tua saya bayar pbb 1993. sekarang saya mau lunasi sampai tahun 2016 ko datanya ga ada ya. dulu 1993 namanya sppt sekarang nop. nah di nop itu ga ada. gimana solusinya om?

    BalasHapus
  70. Dear Mas Adi saya mau tanya.. Untuk pembayaran online, misal lokasi keberadaan saya di Depok dan tanah saya ada di Subang, apakah saya bisa bayar via ATM atau Internet Banking? Karena saya coba tidak bisa. Kemudian Apakah semua wilayah sudah bisa pembayaran online? Karena saya belum bisa kembali ke Subang untuk membayar PBB, apakah ada solusi lainnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  71. biasanya bisa di cek juga melalui internet banking...
    saya pernah cek melalui Internet banking Bca...

    BalasHapus
  72. Mas mau tanya, pajak NOP kita untuk rumah ternyata hanya untuk tanah, dan kalau tanah itu sudah jadi bangunan artinya kita bayar nya kan tanah dan bangunan, pertanyaannya :
    1. Apakah Nomor NOP akan berubah ketika tanah saja dan ketika ada bangunan
    2. Kalau belum terupdate nomor NOP nya, bgmnkah cara mengupdate data di nomor NOP
    3. Kalau ternyata Nomor NOP berubah (dr tanah menjadi tanah dan bangunan) dan ternyata saya masih membayar dg Nomor NOP yg lama (tanah saja) apakah di nomor NOP yg baru saya bisa membayarkan bangunan saja. (Membayar selisihnya)
    ....

    BalasHapus
  73. Malam pak andi saya mau bertanya dahulu engkong saya terdaftar di pajak, sedangkan kami mau ngecek pada tahun 2017 salinan atau fotocopynya kami tidak punya bagaimanakah cara untuk mngecek mohon informasinya kami tunggu

    BalasHapus
  74. Malam pak adi saya mau bertanya dahulu nama kakek saya terdaftar di pajak, pada tahun ini saya mengecek salinan / copy an telah hilang bagaimana cara untuk mengeceknya apakah bisa tanpa salinan/ copy pajak bisa dicek mohon penjelasannya

    BalasHapus
  75. Malam pak andi saya mau bertanya dahulu engkong saya terdaftar di pajak, sedangkan kami mau ngecek pada tahun 2017 salinan atau fotocopynya kami tidak punya bagaimanakah cara untuk mngecek mohon informasinya kami tunggu

    BalasHapus
  76. Mau tanya, kalau pengen tahu nomer wajib pajak yang kita bayar itu bner bner rumah yang kita tinggalin gmn ya..soalnya saya bertahun tahun bayar pajak tapi bayarin pajak rumah orang. Saya tahunya setelah kemaren ngurus sertifikat tanah bahwa saya ada tunggakan pajak 2 tahun padahal saya rutin bayar pajak..dan pertanyaan kedua saat ini saya mau rubah nama wajib pajak ke nama saya tapi kok alamat di sppt gk bs di rubah ya soal ada salah penulis blok rumah

    BalasHapus
  77. Mau tanya, kalau pengen tahu nomer wajib pajak yang kita bayar itu bner bner rumah yang kita tinggalin gmn ya..soalnya saya bertahun tahun bayar pajak tapi bayarin pajak rumah orang. Saya tahunya setelah kemaren ngurus sertifikat tanah bahwa saya ada tunggakan pajak 2 tahun padahal saya rutin bayar pajak..dan pertanyaan kedua saat ini saya mau rubah nama wajib pajak ke nama saya tapi kok alamat di sppt gk bs di rubah ya soal ada salah penulis blok rumah

    BalasHapus
  78. Bisa dicek ke

    http://bprd.jakarta.go.id/pencarian-sppt-pbb/

    masukkan NOP dan tahun tagihan PBB nya, lalu search

    nanti detail tagihan dan statusnya keluar semua datanya.



    BalasHapus
  79. Bagaimana ya caranya kalo mau cek tagian PBB tapi kita tidak tau NPOP nya.... tolong bantuannya.mungkin ada cara lain untuk mengeceknya. trimakasih.

    BalasHapus
  80. Tolong saya ada di daerah malang tepatnya di kecamatan tumpang kok aheh ya saya ini bayar pajak tiap tahun tapi namanya tahun 2018 itu muliyati dengan nop 35.07.210.012.019_0152.0 tetapi tahun 2017 atas nama kalimah 35.07.210.012.019_0115.0 sama 2016 tetapi sebelum itu tahun 2015 nama muliyati yang saya tanyakan kenapa nop bisa berbeda setiap tahun sama nama kalimah itu udah meninggal terus sblumnya itu nama muliyati sebenarnya nop itu berubah setiap tahunnya ap gimna mohon penjelasanya

    BalasHapus
  81. cara utk melihat nama pemegang pajak bumi dan bangunan bgm caranya..ya trksh

    BalasHapus
  82. Saya mau tny gimana cara nya tuk balik nama pbb dan cara bagaimana klo kita tdk bayar pbb selama hampir 9 tahun dan kena denda tdk?

    BalasHapus
  83. Saya beli tanah diwilayah tangerang tepatnya didaerah Cisoka.
    Apakah bisa pembayaran keterlambatan pbb itu dilakukan di jakarta timur.
    Terimakasih

    BalasHapus
  84. Saya beli tanah diwilayah tangerang tepatnya didaerah Cisoka.
    Apakah bisa pembayaran keterlambatan pbb itu dilakukan di jakarta timur.
    Terimakasih

    BalasHapus
  85. Saya terima sppt pbb utk rumah saya atas 2 nama tp smua bkn atas nama saya, yang satu atas nama perusahaan developer perumahan & satu lagi atas nama tdk saya kenal. Saya tnykan ke dispenda, ternyata disuruh menunjukkan sertifikat rumah pdhal sertifikat rumah saya masih ada di bank krn saya ambil rumah dg cara kpr. Mohon bantuannya langkah apa yg seharusnya saya ambil

    BalasHapus
  86. Saya mau tanya. Tahun 2019 kemarin waktu saya bawa sppt mau bayar PBB di Indomaret, lho kok tau2 katanya PBB saya sudah dibayar? Saya heran. Terus saya penasaran, saya cek ke kantor pos. Saya bilang saya mau bayar PBB, tapi setelah di cek, petugasnya jg sama bilang kalo PBB saya 2019 sudah dibayar?! Kok bs yaa? Yaaaa saya sih bersyukur aja kalo ada yg bayarin ..atau dinas pajaknya lg bhaek sama saya!!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya

Facebook Comments APPID

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel