Pengalaman Pertama Belajar Saham di Bursa Efek Indonesia Perwakilan Kepri

Bursa Efek Indonesia Perwakilan Kepri

Dalam kondisi perekonomian yang penuh dengan ketidakpastian ini, ada satu bidang yang membuatku tertarik untuk dipelajari, walau sebenarnya pelajaran ini sudah saya temui sejak bangku kuliah, akan tetapi karena belum tertarik akhirnya ilmu itu hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan alias NOL besar.

Nah menariknya, keinginan itu baru timbul saat ekonomi yang sedang terpuruk seperti sekarang..lohh kok bisa yah...?? hehe... apa saya melihat ada keuntungan yang dapat diperoleh dari kondisi ekonomi saat ini, khususnya untuk pemula di dunia saham.Jika melihat harga saham sekarang ini bisalah kita katakan bahwa beberapa harga saham-saham blue chip sedang terdiskon besar-besaran dari harga normalnya sebelum pandemi terjadi.

Suasana Kelas SPM di BEI Kepri
Contohnya saja:
Harga saham BBRI sebelum pandemi adalah dikisaran Rp4.150 an dan saat ini haraga saham BBRI adalah Rp3100 per lembar, belum lagi saat harga saham sedang hancur-hancurnya pada tanggal 24 maret lalu, sampai menyentuh di harga Rp2.440 dan bahkan pernah menyentuh di harga Rp2.170 per lembar saham di tanggal 15 Mei 2020.


Teman-teman pasti sudah bisa menghitung sendiri keuntungan yang teman-teman dapat peroleh jika teman membeli saham tersebut pada saat ini kemudian menjualnya pada saat perekonomian sudah normal.

semakin banyak lot yang diinvestasikan tentu capital gain yang didapatkan akan semakin banyak, belum lagi teman-teman bisa memperoleh dividen dari saham yang teman-teman beli, btw ini kalau investasi jangka panjang ya, kalau untuk trading tentu beda lagi ceritanya. Untuk trading jika sudah ada keuntungan ya silahkan jual, abis itu silahkan teman-teman memilih saham lain lagi, tapi tentu dengan perhitungan cermat ya dan analisis teknikal dan fundamental yang baik, itulah mengapa kita harus belajar lebih giat biar tidak merugi dalam melakukan trading saham. Untuk saham-saham lainnya teman-teman bisa liat sendiri ya perbandingan harganya sebelum pandemi dan harga saham saat ini.


Keuntungan dari investasi saham yang kita lakukan akan memperoleh return dalam bentuk capital gain dan dividen. 

Capital Gain = selisih harga beli dan harga jual efek
Dividen = pembagian keuntungan dari perusahaan kepada pemegang saham.

Nah singkat cerita, beberapan bulan lalu saya mengikuti sebuah Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan oleh kantor perwakilan IDX di Batam yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yaitu UOB Kya Hiyang. Sebagai pemula di dunia saham saya tentu sangat asing banget dengan perusahaan sekiritas satu ini, akhirnya karena penasaran saya pun seacrhing di Google untuk mencari lebih banyak mengenai perusahaan sekuritas ini.

UOB Kay Hian Sekuritas (AI) didirikan dengan nomor akter pendirian nomor 11 tanggal 04 November 1991 dengan nama PT UOBB Securities dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1987. Kantor pusat UOB Kay Hian Securities beralamat di UOB Plaza Thamrin Nine, Lt. 36 Jln. M.H. Thamrin Kav. 8 – 10 – Jakarta – lndonesia.

Pemegang saham PT UOB Kay Hian Securities (AI), antara lain: UOB Kay Hian Holdings Ltd (99,00%) dan Yendi Likin Oey (1,00%).


Dari situs resminya  juga http://www.uobkayhian.com/ diperoleh data informasi bahwa uobkayhian ini adalah salah satu perusahaan pialang terbesar di Asia, berkantor pusat di Singapura, yang sudah didukung oleh 80 cabang dari seluruh dunia, termasuk jaringan kantor yang berkembang di seluruh Asia Tenggara, Cina Besar, Inggris Raya, dan Amerika Utara.

Mengetahui dan mengenali track record calon perusahaan sekuritasmu itu sangat penting kawan, kenapa..??karena perusahaan sekurita inilah nantinya yang akan mengurusi pembukaan rekening dana nasabah (RDN) atau rekening saham kalian nantinya.Btw ini hanya salah satu perusahaan sekuritas yah, masih banyak yang lain yang bisa jadi pilihan juga, ada Mirae Asset Sekuritas, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan masih banyak lagi, silahkan teman-teman pilih sesuai dengan pilihan teman-teman sendiri ya.

Dan bukan hanya itu, perusahaan sekuritas ini nantinya akan selalu memberikan kamu update informasi tentang kondisi pasar saat ini, saham-saham yang berpotensi menghasilkan cuan pada hari itu. Jika ada masalah terkait dengan rekening dana nasabahmu, kalian juga tentu bisa mengontak perusahaan sekuritasmu. 

Lanjut ya... jadi saya mengikuti kelas pasar modal ini hanya sehari aja dengan membayar biaya pendaftaran peserta sebesar Rp100.000, dari biaya 100.000 itu sudah termasuk makan siang, modul, pembuakaan rekening dana nasabah dan tentunya dapat ilmu dasar saham dong, itu yang paling penting gaes "ilmunya".

Pada saat melakukan pendaftaran dan pembukaan rekening dana nasabah, teman-teman perlu siapkan data-data di bawah ini:
  1.  Lampiran Copy KTP, NPWP dan Cover Buku Tabungan.
  2. Apabila tidak ada NPWP dapat mengisi Surat Pernyataan Tidak Memiliki NPW
  3. Apabila Sumber Dana dari Orangtua maka wajib mengisi formulir data pekerjaan orangtua, lampirkan copy KTP, NPWP Orangtua dan Kartu Keluarga. 

Suasana Saat Jam Istrahat



 
Nah ini menu makan siangnya gaes


Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau

Kompleks Mahkota Raya Blok A No. 11, Jalan Raja H. Fisabilillah, Batam Kota, Teluk Tering, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29456

2 Komentar untuk "Pengalaman Pertama Belajar Saham di Bursa Efek Indonesia Perwakilan Kepri"

  1. terima kasih pak sharing2nya.. di tunggu pengalaman berinvestasinya di saham2
    spa tau bisa belajar juga. mumpun saham2 lgi murah ini..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya

Facebook Comments APPID

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel