Melirik Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

sumber foto dari www.argun.id
Di era yang serba digital saat ini peran teknologi dan internet begitu penting, banyak pekerjaan yang awalnya dilakukan oleh manusia kini tergantikan oleh keberadaan teknologi, hal ini memang memberikan dampak negatif salah satunya yaitu mengurangi lapangan pekerjaan bagi sumber daya manusia, tapi dari sisi lainnya memberikan keuntungan, misalnya saja proses pengerjaan suatu produk menjadi lebih cepat.

Bercerita tentang teknologi dan internet sangatlah menarik, kita ambil contoh yaitu perkembangan teknologi gadget. Perlu kita ingat bahwa zaman dahulu ketika sebuah telepon hanya digunakan untuk menelpon, kini dengan perkembangan teknologi yang sangat maju maka fungsi-fungsi di komputer beberapa sudah bisa di jalankan dalam sebuah telepon pintar yang dinamakan Smartphone. 


Perkembangan smartphone dan gadget pun seiring dengan peningkatan layanan internet yang yang semakin baik. Berdasarkan data yang dilansir oleh situs eMarketer memperkirakan bahwa netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

Peningkatan ini sepertinya akan terus mengalami pertumbuhan secara positif mengingat dukungan infrastruktur dari provider-provider Indonesia juga sangat membantu misalnya saja dari pihak XL yang kini lagi fokus membangun jaringan yang Lebih Baik, Lebih Cepat, dan Lebih Kuat terus berlanjut pada tahun 2017, dimana pada akhir kuartal pertama ini, telah mencapai lebih dari 87 ribu BTS, termasuk lebih dari 10.300 BTS 4G LTE, dan lebih dari 39.000 BTS 3G. 

Layanan 4G LTE XL Axiata saat ini telah tersedia di 181 kota/area di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus melakukan investasi untuk transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan upgrade jaringan untuk mendukung meningkatnya trafik data dan menjaga stabilitas layanan, meningkatkan kapasitas jaringan serta meningkatkan kualitas layanan data.

Selain memperkuat jaringan dan memberikan penawaran data yang menarik, XL Axiata juga telah berhasil meraih pelanggan yang tepat, yang diperlihatkan melalui angka tingkat penetrasi pelanggan smartphone XL yang meningkat sebesar 17 persen menjadi 65% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan meningkatnya lebih banyak pelanggan data dengan konsumsi besar yang memilih jaringan XL Axiata. Saat ini XL Axiata memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran pelanggan smartphone XL Axiata untuk menggunakan jaringan 4G-LTE, di mana tingkat konsumsi pelanggan 4G-LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.


Peningkatan pengguna internet ini mempunyai dampak positif,salah satunya adalah peluang usaha bisnis online. 

Bisnis Online –layaknya sebuah bisnis– adalah sebuah wirausaha yang menggunakan jaringan internet. Bisnis Online ini merujuk kepada jenis wirausaha yg dilakukan secara online, seperti usaha jual-beli atau jual jasa, dimana antara si pemilik usaha dan konsumennya tidak perlu saling bertemu, cukup hanya berkomunikasi dan berinteraksi secara online dari media promo yang digunakan sebagai lapak online, seperti website, toko online, marketplace atau sosial media.

Dan menurut saya bisnis online ini sangat banyak sekali keuntungannya yaitu;

  1. Bisa dilakukan dimana saja;Bener sekali, karena jika anda telah mempunyai bisnis online, anda hanya perlu smartphone yang tersambung dengan internet maka anda bisa mengendalikan bisnis anda;
  2. Bagi pegawai bisa menjadi pekerjaan sampingan; Saya melihat beberapa teman saya, khususnya mereka yang telah bekerja disalah satu kantor/instansi tapi tetap bekerja sampingan, ya salah satunya bisnis online ini. Selain masih bisa bekerja sebagai pegawai tentunya jika bisnis online berhasil maka bisa menambah penghasilan juga.
  3. Bisa dilakukan dengan modal kecil; Seperti pada poin satu dan dua, yaitu bisa dilakukan dimana aja. Untuk langkah awal memang sebaiknya tidak mencari tempat usaha dulu, selain menghemat biaya tempat juga sambil mempertimbangkan peluang bisnis online anda. Jika ternyata peluang bisnis online anda sangat cerah maka lakukan langkah selanjutnya yaitu bisa menyewa ruko atau tempat usaha.
  4. Jangkauan penjualannya lebih luas;Jaringan internet yang sangat luas, memberikan kita peluang yang besar terhadap bisnis yang kita jalankan agar bisa tembus pasar internasional. Jika ingin membuka bisnis online pilih lah bisnis yang sangat berpotensi besar bisa merambah ke dunia internasional.
  5. Belum dikenai pajak Soal pajak anda tidak perlu khawatir, karana dalam menjalankan bisnis online tidak dikenakan pajak sama sekali. sebesar apapun bisnis anda, sebesar apapun pendapatan anda asalkan usaha anda bersifat digital maka tidak ada yang namanya pajak dalam bentuk apapun.

Beberapa ide bisnis online yang dapat anda jalankan

Di kutip dari situs http://panduanim.com/peluang-usaha/ dalam artikel tersebut memang sangat banyak namun saya ambil beberapa aja yang menurut saya sangat bisa dijalankan:
  1. Menjual produk secara online di website sendiri;
  2. Yang lebih mudah lagi, berjualan di pasar online;
  3. Membuka Jasa Tour and Travel;
  4. Berjualan tanpa resiko dengan menjadi dropshipper;
  5. Menjadi publisher iklan untuk mendapatkan penghasilan semi-pasif;
  6. Mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate;
  7. Menyediakan jasa desain grafis;
  8. Menjual foto royalty-free (di iStockPhoto, ShutterStock)
  9. Menjadi penulis artikel freelance;
  10. dll
Mensiasati Pengeluaran Bisnis Online
Satu hal yang tak boleh dilupakan bahwa oleh pelaku bisnis online adalah mereka harus mampu mensiasati agar pengeluarannya tidak membengkak, salah satu pengeluaran yang cukup besar adalah dari penggunaan paket data internet, jadi pastikan anda tidak salah pilih dalam hal ini. 

Untuk yang satu ini saya mempercayakan XL sebagai pendukung aktivitas online yang saya lakukan, menyelesaikan pekerjaan dari klien, memperkenalkan jasa tour and travel di situs traveling dan sosial media saya lainnya, meningkatkan penghasilan sebagai publisher adsense, menjual foto di landscape di beberapa situs photo market dan masih ada beberapa lagi kegiatan online yang biasa saya lakukan, jadi pastikan anda tidak salah pilih.


Peluang bisnis online ini akan terus mengalami perkembangan yang pesat, ditambah lagi saat ini kecendrungan orang sangat ketergantungan terhadap smartphone mereka akan menjadi salah satu pemicu mengapa bisnis online akan mengalam peningkatan.,, jadi tunggu apa lagi tentukan bisnis online favorit kamu :) 


salam sukses  


Newest
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Minggu, 10 September, 2017 ×

bisni online ini enaknya karena gk perlu kantor atau tempat khusus, ckup punya smartphone dan paket internet aktif.. jadi dehh jualan

thanks bro

Reply
avatar
muhid
admin
Minggu, 10 September, 2017 ×

mantap skali kk infonya.. thanks

Reply
avatar
Minggu, 10 September, 2017 ×

Keren mas bro... bisnis online semakin berkembang

Reply
avatar
Minggu, 10 September, 2017 ×

Wah bener banget, saya juga lagi memulai usaha jualan online sistem dropshipper, doain whokesaler nya amanah yaa kak..

Reply
avatar
Minggu, 10 September, 2017 ×

Selain konten, koneksi internet kita juga kudu belajar gimana nge 'boost' akun sosial media kita agar bisa bersinergi, contohnya menemukan saat tepat untuk mengupload 'image' agar optimal hasilnya.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ConversionConversion EmoticonEmoticon