Apakah itu NPWP dan Apa gunanya..??

Membahas mengenai NPWP mungkin sudah biasa bagi orang pajak atau orang yang bergelut dengan dunia pajak,  tapi apakah semua masyarakat itu sudah tahu sema apa itu NPWP apalagi mengerti bagaimana bentuknya dan Apa gunanya?

contoh NPWP
Bagi wajib pajak yang telah dijelaskan dalam Undang-Undang KUP (Ketentuan Umum Perpajakan) yaitu Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai  dengan  ketentuan peraturan  perundang-undangan perpajakan (pasal 1 butir 2). Jadi, dari penjelasan butir 2 diatas bahwa wajib pajak itu meliputi orang pribadi atau badan yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan. Hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak itu sendiri diatur dalam itu diatur dalam  SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK  NOMOR SE - 41/PJ./2003  TENTANG  BUKU PANDUAN HAK DAN KEWAJIBAN WAJIB PAJAK. Buku panduan wajib pajak ini dapat dilihat secara rinci dan lengkap pada lampiran Surat Edaran ini.

Nah sekarang kita kembali pada pengertian NPWP itu..?NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana yang merupakan tanda pengenal atau identitas bagi setiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Sedangkan untuk memperoleh NPWP, Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri pada KPP, atau KP4 dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan administrasi yang diperlukan, atau dapat pula mendaftarkan diri secara on-line melalui e-registration.

Pendaftaran wajib pajak untuk mendapatkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dilaksanakan dengan system self assessment dimana Wajib Pajak mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4) yang wilayahnya meliputi tempat tinggal atau kedudukan Wajib Pajak untuk diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); Disamping melalui KPP atau KP4, pendaftaran NPWP juga dapat dilakukan melalui e-register, yaitu suatu cara pendaftaran NPWP melalui media elektronik on-line (internet).

Fungsi NPWP adalah:
  1. Sebagai sarana dalam administrasi Perpajakan
  2. Sebagai Identitas wajib pajak
  3. Menjaga ketertiban dalam pembayaran Pajak dan pengawasan administrasi perpajakan
  4. Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan;
Maka denga Dengan memiliki NPWP, Wajib Pajak memperoleh beberapa manfaat langsung lainnya, seperti: sebagai pembayaran pajak di muka (angsuran) atas Fiskal Luar Negeri yang dibayar sewaktu Wajib Pajak bertolak ke Luar Negeri, dimana fiscal luar negeri ini dapat menjadi kredit pajak atau pengurang bagi wajib pajak. memenuhi salah satu persyaratan ketika melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan juga dan salah satu syarat pembuatan Rekening Koran di bank-bank.


35 Responses to "Apakah itu NPWP dan Apa gunanya..??"

  1. denger2 klw wajib pajak punya NPWP, bisa gratis fiskal luar negeri yah..??

    BalasHapus
  2. ya saya sudah punya npwp juga baru saja dapat. sekarang pns mempunyai NPWP . .nanti bisa konsul sama sampeyan, he he he dari pada ke kantor pajak

    BalasHapus
  3. @muhaimin..: wahhh bgus nieh, udah taat pajak hehe...lagian emank kan wajib tuh bagi pegawai tuk memiliki NPWP apalagi udah PNS dan telah mempunyai penghasilan...ntar PPh 21 (PPh atas gajinya di potong oleh bendahara pemerintah), ntar yg nyetor pajaknya bendahara itu karena dia sebagai pemotong. dan juga untuk pekerjaan PNS Pajak Penghasilan Pasal 21 Ditanggung Pemerintah...

    owhh dengan senang hati mas saya di tanya, sekalian latihan di tnya sama WP hehe,,,,

    BalasHapus
  4. BAK : iya bener bnget dan bagi orang pribadi yang bepergian ke luar negeri tapi Tak Punya NPWP, Bayar Fiskal Rp 3 Juta Mulai 2009, namun (catatan: berdasarkan siaran pers Dirjen Pajak pada tanggal 23 Desember 2008, diputuskan tarif fiskal bagi individu yang tidak memiliki NPWP adalah Rp 2.500.000,00.) dan Untuk mereka yang telah memiliki NPWP TIDAK DIKENAKAN biaya fiskal, alias BEBAS FISKAL/GRATIS.

    BalasHapus
  5. pajak untuk negara tapi uangnya digondol oleh koruptor.
    rakyat kecewa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju pisan.. rakyat bayar pajak. Tapi pajak di korup. Mw bebas utang negara gmana para pejabat nya juga memperkaya diri dgn cara di korup...he...he..

      Hapus
  6. Trims gan pencerahannya

    http://obatsakit2011.blogspot.com/2011/04/pepaya.html

    BalasHapus
  7. wahhhh teryata NPWP itu bnyak gunanya yah....???baru tau saya mas,,,terima kasih atas infonya...

    di tunggu postingan selanjutnya...:)

    BalasHapus
  8. maju terus....
    perpajkan indonesia

    BalasHapus
  9. uangnya digondol ma koruptor jadi males bayar pajak

    BalasHapus
  10. BAYAR PAJAK ITU: APAKAH DIBEDAKAN ANTARA MUSLIM DAN NON MUSLIM ? SEPERTI DI NOMOR KTP. APAKAH PENGGUNANNYA UNTUK FASILITAS MUSLIM SAJA ? SOALNYA SAYA RAGU SEKALI ISTILAHNYA TIDAK IKHLAS KALAU ADA DISKIRMINATIF. SAYA SUDAH KENYANG DAN BOSAN DGN DISKRIMINATIF DI INDONESIA. SEMENJAK SUSAH SEKALI BELAJAR DI UI YG MEMPERMUDAH MUSLIM DAN MEMPERSULIT NON MUSLIM

    BalasHapus
  11. Apakah ad perbedaan kewajinban antara WP Pria n WP Wanita ???

    BalasHapus
  12. hemmmmpp klw berdasarkan Undang2 pajak yg selama ini sy pelajari, Undang2 tdk melakukan perbedaan secara eksplisit ttg apakah dia pria atau wanita...

    nah smestinya perbedaannnya itu terletak pada perbedaan pengenaan pajak terhadap pengahasilan yg diterima oleh org tersebut/wajib pajak..?? nah disitulah baru diliat perbedaan pengenaan pajaknya...gmana saudara2.?

    BalasHapus
  13. kalau masih pegawai honorer (PPTH) wajib nggak, memiliki NPWP?

    BalasHapus
  14. Berikut adalah kategori yang wajib memiliki NPWP.

    Orang Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

    orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, yang memperoleh penghasilan diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

    sbnrnya mmpunyai NPWP gk ada masalah,,, kan kewajiban pajaknya nnti timbul ketika penghasilan anda melebihi PTKP (penghasilan tidak kena pajak) jdi klw anda pegawai honorer lbh baik punya NPWP, krn memiliki NPWP itu banyak manfaatnya kok,,


    diantaranya Kemudahan pelayanan perpajakan dan Kemudahan Pengurusan Administrasi(misalnya ngurus paspor, visa, pengjuan kredit di bank dll) pkoknya banyak manfaatnya lah buat anda..

    BalasHapus
  15. saya kan niat mau kredit rumah, syaratnya harus punya npwp.yg jadi permasalahan saya ini kan kerja di kantor tapi karyawan masih 1 yaitu saya doank. ga ada bendahara semuanya saya yg kerjain nah gmn caranya saya mau lapor pajaknya??

    BalasHapus
  16. bagai mana saya mendapat kan NPWP??? tapi saya pengen daftar melalui sistim onlain,,,,,,???? mohon bantuan nyaa,,,,

    BalasHapus
  17. wah jadi tambah ngerti nih

    BalasHapus
  18. pajak yg harus dibayar berapa persen dari penghasilan kita?

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak atas postingannya ini, sya lagi belajar tentang pajak dan NPWP

    BalasHapus
  20. Semua orang perlu punya NPWP

    BalasHapus
  21. untuk mendapatkan NPWP min. berusia brapa gan?
    umur gw 18 tp gw udh kerja dan punya usaha yaa kecil"an tp lumayan, lah gw mau ke luar negeri tp blm punya NPWP gmn caranya?

    BalasHapus
  22. Saya pernah bikin NPWP untuk melengkapi persyaratan melamar kerja di PT ASTRA. Tp pas pgln keberangkatan, tidak jd saya ambil krn saya memilh bekerja diluar negri. Setelah 4 bln kemudian saya dikirimi surat dari kantor pajak untuk memenuhi kewajiban membayar pajak. Gmn ni admin? Apa yg harus saya lakukan? Sedangkan saya sedang berada diluar negri.

    BalasHapus
  23. Saya ibu rumah tangga,ingin punya npwp untuk membuat kartu kredit.yg saya tanyakan berapa pajak yg harus sya bayar law sya sdh punya npwp

    BalasHapus
  24. NPWP'nya tiap tahun harus lapor ke kantor pajak apa enggak? Dan semisal tidak lapor gimana

    BalasHapus
  25. Dan semisal saya sudah NPWP trus saya keluar dari pekerjaan saya..
    Trus gmna.. apa masih harus bayar pajak apa tidak

    Please.... jawab ya pertanyaan q

    BalasHapus
  26. sbb. pada dasarnya org di kenakan pajak/wajib pajak itu karena mempunyai penghasilan dan penghasilannya di atas PTKP, itu akan di kenakan pajak... jika sudah tidak punya penghasilan yah gk usah bayar pajak... tinggal bapak prg aja konsultasi di tempat anda membuat NPW dan melapor bahwa sy sudah tidak punya penghasilan pak jadi tdk bsa melaksanakan kewajiban perpajakan sya.. sekian dan terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  27. Gimana caranya mendapatkan NPWP?
    Sementara saya bukan pekerja ataupun perusahaan

    Terimakasih

    BalasHapus
  28. Gimana caranya mendapatkan NPWP?
    Sementara saya bukan pekerja ataupun pengusaha

    Thks

    BalasHapus
  29. Gimana caranya mendapatkan NPWP?
    Sementara saya bukan pekerja ataupun perusahaan

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm terima kasih pak sdh berkunjung,, mmiliki NPWP mmang banyak manfaatnya. nah untuk mendapatkan NPWP bapak bisa langsung ke kantor pelayanan pajak bagian TPT (tempat pelayanan terpadu) jangan lupa bawa KTP nya pak...siapin mmg fotokopiannya, krena syaratanya klw ORang pribadi sperti bapak mau mengajukan NPWP cmn pake KTP saja... terima kasih

      Hapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog kami