Mau Buat NPWP, Perhatikan syarat-syarat pembuatan NPWP di bawah ini

NPWP adalah kartu identitas yang dipergunakan dalam lalu lintas administrasi perpajakan di kantor perpajakan sedang pengertian berdasarkan Undang-Undang Perpajakan (KUP) bahwa NPWP adalah Adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

pengalaman saya ketika menjalani PKL atau praktek kerja lapangan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bogor, ternyata masih sangat yang awam tentang NPWP itu apa..? apa gunanya buat mereka, dan bahkan ada paradigma sebagian masyarakat awam bahwa memiliki kartu NPWP itu seperti memiliki kartu ATM ,,,hehe..

Nah, disinilah fungsinya kita sebagai akademini dispesialisasi perpajakan untuk berbagi ilmu mengenai Ilmu Pajak dan segala tentang perpajakan. kembali ke inti masalah..,pertanyaannya adalah bagaimana cara pembuatan NPWP, apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi..??? apakah ada biaya yang harus dikeluarkan atau gimana..?? nah itu semua pertanyaan dasar yang sangat kecil tapi bermanfaat bagi sebagian orang atau wajib pajak.

berikut syarat-syarat pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP):


Wajib Pajak Orang Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi WNI, bagi warga negara asing yang ingin membuat NPWP diperlukan fotocopy Paspor, KITAS/KIMS, Ijin Kerja Tenaga Asing (IKTA) yang ditambah dengan Surat Pernyataan Tempat Tinggal/Domisili dari instansi berwenang minimal kelurahan.
Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warga negara asing yang ingin membuat NPWP diperlukan fotocopy Paspor ditambah Surat Pernyataan Tempat Tinggal/Domisili dari Instansi berwenang minimal kelurahan bagi orang asing; 
  2. Surat Pernyataan Tempat Kegiatan Usaha atau Usaha Pekerjaan Bebas dari Kelurahan setempat. (Syarat nomor 2 ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-161/PJ/2001 dan sebenarnya saat ini sudah tidak lagi dipersyaratkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak yang berlaku saat ini yaitu PER-44/PJ/2008)
Wajib Pajak Badanbagi wajib pajak badan syarat-syarat yang diperlukan lebih lengkap, berikut data-data yang harus disiapkan terlebih dahulu:
  1. Fotokopi Akta Pendirian dan Perubahan atau Surat Keterangan Penunjukan dari Kantor Pusat bagi Bentuk Usaha Tetap;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk bagi Penduduk Indonesia, atau Paspor ditambah Surat Pernyataan tempat tinggal/domisili dari yang bersangkutan bagi orang asing, dari salah seorang pengurus aktif.
  3. Surat Pernyataan Tempat Kegiatan Usaha dari Kelurahan. (Syarat nomor 3 ini diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-161/PJ/2001 dan sebenarnya saat ini sudah tidak lagi dipersyaratkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak yang berlaku saat ini yaitu PER-44/PJ/2008).

jadi, intinya mengurus NPWP itu tidaklah sulit alias gampang dan yang paling penting lagi pembuatan NPWP TIDAK DIKENAKAN BIAYA SEPESER PUN alias Gratis tis tis..kalau anda ditawari calo pembuatan NPWP oleh siapa pun jangan pernah terpengaruh dan beranilah melakukan sendiri karena tata cara pembuatannya sangat mudah dan kita hanya perlu membawa fotocopy KTP saja dan pastinya kita harus ngantri di Kantor Pajak tempat anda mendaftar. 

sekali lagi pembuatan NPWP tidak di pungut biaya/ GRATIS.... 
wassalam..

26 Komentar untuk "Mau Buat NPWP, Perhatikan syarat-syarat pembuatan NPWP di bawah ini"

  1. Info-info seperti ini sangat cocok untuk dibagikan ke forum kita. Terima Kasih

    BalasHapus
  2. postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang mau buat npwp.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  3. Untuk pembuatan npwp harus sesuai domisili ktp atau bebas

    BalasHapus
  4. Dimana alamat kntr pjk yg dpt mmbuat npwp d daerah bogor

    BalasHapus
  5. @ida farida: untuk daerah bogor, ngurus NPWP nya yg KPP pratama bogor dekat kebun raya bogor,, dlu sy Praktek Di situ.. :D

    BalasHapus
  6. maaf mas. mau tnya nihh mhon dijwab yaa. saya kn mau krja dijkt trs perusahaan suruh saya bkin npwp. tpi yg bkin bingung bsa ga bkin npwp di jkt tpi pke ktp daerah, emng bner klo bkin npwp pke ktp daerah ska dipersulit ? terus seandainya klo sya bkin npwp di daerah domisili saya (bogor) apa bisa ? sedangkn nanti sya kn krja di jkt ? mhon pencerahannya.. oh iyaa kntor pjak daerah bogor sebelah mnanya kebun raya ya ?

    BalasHapus
  7. bagaimana klo domisili di kabupaten, sedangkan kantor pajak ada di kota? apa harus melalui proses yang rumit?

    BalasHapus
  8. Maaf mas klo yg di bogor alamat ya di mana ya??
    Trimakasih

    BalasHapus
  9. mau tanya nih agan-agan ttg NPWP.

    Saya baca diatas persyaratan ttg urus NPWP.

    Kalo mau urus NPWP utk perusahaan tanpa pakai KITAS director, bisa kah?
    Kalo bisa gimana ya?

    BalasHapus
  10. Saya tinggal di gunung sindur. Mau urus npwp kemana ke cibinong atau kota bogor?

    BalasHapus
  11. dengan sangat memohon maaf blog ini baru aktif lagi..krena sesuatu dan lain hal

    silahkan bertanya smga saya bisa bantu

    BalasHapus
  12. Saya dari bengkulu dan skrg bekerja di RS depok. Apakah saya bisa ngurus npwp didepok hanya dg fotokopi ktp saya yg brasal dr bengkulu. Tq.
    Kalo berkenan mohon balas lewat email saya.
    Endahputra14@gmail.com

    BalasHapus
  13. Boleh minta alamat kantor pembuatan npwp buat kabupaten bogor donÄ·kkkkkkkk

    BalasHapus
  14. Alamat Kantor Pajaknya ko ga d Cantumin dgn jelas Gan.. Klo d sekitar kebun raya itu kan Luas ?

    BalasHapus
  15. Kalau saya ktp dibogor bisa ke tangerang gak. Soalnya deket ke tangerang... Trus apa bisa diwakil kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buat surat keterangan domisili di t4 anda skrg dan kemudian prg k kantor pajak ssuai surat domisili

      Hapus
  16. Pak mau tanya, kalau KTP Tasik kemudian buat di Jakarta bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bisa pak karena buat NPWP di buat berdasarkan KTP kecuali bapak mengurus surat keterangan domisili di jakarta t4 anda skrg. bgtu kra2 pak

      Hapus
  17. Kalo buat NPWP wilayah Kecamatan pamijahan bogor dimana yah. Mhon bntuannya yah. Ini penting bangeet

    BalasHapus
  18. kantor pajaknya yg Mana yakk Kalau deket btm sebelah Mana Boleh kasih tau detailnya

    BalasHapus
  19. Bikin NPWP bisa online ga pak?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya

Facebook Comments APPID

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel