INOVASI: KARYA BIASA DENGAN INOVASI YANG LUAR BIASA

Menciptakan sesuatu hal yang kreatif memang sangat sulit akan tetapi jika anda tidak berusaha maka apa yang bisa anda banggakan,..??apakah anda hanya menjadi penikmat barang setelah barang itu jadi, atau bahkan anda hanya ingin menjadi penonton di negari sendiri. Sungguh ironisnya ketika orang berkata saya tidak mampu sementara orang-orang yang berada disampingnya yang notabene di negara kita sendiri, geliat orang-orang kreatif membuktikan bahwa saya dapat mencitpkan sesuatu..nah sekarang apa yang dapat anda buktikan untuk negara anda..??? kebanyakan kita  hanya melihat sesuatu bentuk karya itu setelah berubah menjadi sesuatu yang benar-benar bisa di banggakan tapi pernahkah kita menengok  bagaimana proses pembuatan hasil karya itu sampai benar-benar bisa menjadi hasil karya yang fantastis, pernahkah kita mau bertanya kenapa bisa begitu, bagaimana caranya,,???nyatanya sangat sedikit orang yang berminat untuk melakukannya. Padahal dari situ kita dapat mengetahui ternyata prosesnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan dan mengucapkan sim sala bim,,,atau habra kedabra maka jadilah suatu barang, akan tetapi di dalam hasil hasil karya yang fantastis itu terdapat kegigihan, keuletan, dan kerja keras yang betul-betul serius untuk mewujudkannya. Apa kata Thomas Alfa Edison si sang penemu lampu pijar, Penemuan adalah 1% inspirasi, 99% adalah keringat . dari sepenggal kalimat tersebut kita dapat mengambil sebuah makna yang tersirat bahwa dalam membuat hasil karya itu tidaklah mudah, sekali membuat langsung jadi, tapi didalamnya ada kerja keras, dan kegagalan, namun hendaknya kegagalan itu tidak dijadikan sebagai penghambat kita dalam berkreasi karena dengan kegagalan itu kita tau Ternyata Anda hanya menemukan lebih dari lima ribu cara yang tidak jalan”.
Seperti apakah sosok orang yang kreatif dan inovatif itu, karena begitu banyak pengertian tentang kreatif dan inovatif namun pada intinya semua mengandung makna yang sama. apakah kreatif dan inovatif itu bawaan sejak lahir atau dibentuk berdasarkan pengalaman.? menurut para ahli belakngan ini bahwa kreativitas lebih merupakan psikologi bukan kemampuan intelektual”, sedangkan kreatifitas menurut Rambat Lupiyoadi, seorang enterpreneur bahwa:
·         kreatifitas merupakan kemampuan seseorang dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaanya.
·         Kreativitas ---à perubahan ide
·         Kreativitas ---à kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan mencari tahu cara-cara baru dalam melihat suatu permasalahan serta peluang-peluang (Zimmerer dan Scarborough, 2005)

Kreatif merupakan proses awal untuk membentuk suatu inovasi yang luar biasa. Bahwa orang yang kreatif itu adalah orang yang memiliki rasa penasaran tinggi dan ketika dia menciptakan suatu karya dia selalu bertanya kepada dirinya,,,selanjutnya mau diapakan lagi karya ini,? dan mencoba melihat hasil karya itu dari hal yang berbeda.

Nah itulah orang yang kreatif, jadi bagaimanakah orang yang inovatif itu. Walaupun Istilah inovasi sering di presentasikan berbeda oleh sebagian ahli namun pada dasarnya mempunyai makna yang sama yaitu sebagai suatu proses dan/ atau hasil pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). wikipedia Indonesia

Proses karya biasa menjadi luar biasa sebenarya terletak pada proses inovasi ini, ketika para inovator mampu mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi kombinasi. Sebagai contoh daun lidah buaya yang selama ini kita kenal sebagai bunga atau hiasan aja atau dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan sampo namun ternyata daun lidah buaya ini mempunyai fungsi lain. Ditangan seorang anak bangsa, dia dapat menciptakan plastik yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan dasar lidah buaya, sehingga mudah terurai oleh tanah dalam sepekan. Padahal selama ini kita mengetahui plastik yang diimpor dari cina itu mempunyai kandungan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Bahan plastik tersebut mengandung bahan-bahan sintesis, seperti selulosa asetat, polietilen, polipropilen, poliamida, polister, polivinil klorida (PVC), dan tidak hanya itu kandung yang terkandung di dalamnya terdapat juga bahan pelembut (plasticizer) agar tidak kaku dan tidak mudah rapuh. Benar-benar karya yang sangat merusak bagi kesehatan bagi manusia, tapi Anak bangsa ini menciptakan karya yang sangat berlawanan dengan karya diatas, kalau karya diatas merusak kesehatan manusia tapi dengan karya anak bangsa ini malah memberikan manfaat bagi orang disekitar. Plastik yang diciptakannya terbuat dari lidah buaya yang mengandung polisakarida yang dapat membentuk lapisan film plastik yang memiliki sifat antibakteri, sedangkan kitosan mengandung protein untuk memperkuat sifat mekanika atau kekuatan plastik, serta gliserol sebagai plasticizer yang ramah lingkungan untuk memberikan kelenturan atau elastisitas pada plastik.

Anak bangsa ini benar-benar banyak yang kreatif dan inovatif dari karya yang biasa saja dapat menjadi inovasi yang luar biasa, jadi suatu saat nanti para distributor indonesia tidak perlu lagi impor plastik yang berbahaya itu dari china. Kita produksi massal saja untuk produksi dalam negeri, bahkan untuk ekspor jika memungkinkan.

SOLUSI AGAR INOVATIF DALAM  BERKARYA
Selesaikan Masalah Dengan Cara Berlawanan,
Kecendrungan orang melakukan sesuatu sesuai yang prosedur yang telah ditetapkan, tapi kadang-kadang dalam berinovasi kita diperlukan untuk melakukan sesuatu secara berlawanan atau out of the box.
Sebagai contoh,  Dulu produsen-produsen laptop selalu membuat laptop dengan bentuk yang besar, namun sekarang apa yang terjadi kebanyakan laptop diinovasi dengan design yang ringan dan kecil yaitu Notebook, dan hasil inovasi itu tidak sia-sia karena sekarang notebook sudah menjadi trend dan gaya baru.

Kerjakan Sesuatu Yang Menyenangkan.
Dalam melakukan suatu pekerjaan pastilah pikiran kita akan mengalami saat-saat buntu dan tidak dapat berfikir dan mengembangkan ide-ide yang berkualitas maka lakukanlah sesuatu hal yang menyenangkan bagi teman-teman yang hasilnya beda, dan rasakan apa bedanya,,, pikiran anda akan lebih rileks dan lebih santai, maka kita pun kembali siap untuk berkreasi.

Cari Lingkungan Kreatif.
Kita tidak bisa memungkiri bahwa lingkungan adalah salah satu faktor terbesar agar anak-anak bangsa ini mampu kreatif dan mengembangkan suatu karya biasa menjadi inovasi yang luar biasa. Maka carilah lingkungan yang dapat memicu anda untuk berkreatif dan segeralah terapkan jika anda benar merasa tertarik dan ingin mencoba apa yang anda ketahui tersebut, rasakan dan sadarilah saat itu bahwa lingkungan kreatif benar-benar dapat membuat anda lebih kreatif.

Hilangkan Rasa Takut Gagal.
Salah satu lawan terbesar dalam orang mengembangkan kreatif dan inovasinya adalah rasa takut gagal, rasa takut kalau inovasinya tidak diterima dan tidak diperhatikan oleh orang lain dan menganggap itu adalah perbuatan percuma dan sia-sia. Pikiran-pikiran seperti itu Harus di buang jauh-jauh dari pikiran kita karena seorang inovator sejati tidak akan pernah takut gagal, Thomas Alfa Edison saja, sang penemu lampu pijar ketika dia pertama kali menciptakan lampu pijar apakah langsung jadi, langsung bisa menyala,,,tentulah melalui sebuah proses yang panjang. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyerah, hilangkan rasa takut gagal dan kita yakini bahwa anda akan melakukan sesuatu inovasi yang luar biasa yang bagi orang mungkin kepikiran aja untuk melakukan seperti itu belum pernah.

Bicara Dengan Seseorang.
Segala sesuatu yang anda kerjakan pastilah akan ada feedback dari orang-orang, nah dari orang-orang inilah yang nantinya akan membuat karya anda lebih sempurna karena dengan feedback ini anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari karya anda. Misalnya saja anda berkomunikasi dengan teman kerja, teman kantor atau teman yang sehobi dengan anda.

Kenali Hambatan.
Dalam berkrasi dan berinovatif tentulah ada hambatan-hambatan yang terkadang tidak kita harapkan, tapi sebagai inovator kita harus bersikap realistis bahwa karya apapun pastilah ada hambatan yang coba menghadang, nah pada tahap ini anda harus mengenali dulu hambatan tersebut dan buat suatu rencana agar tidak salah dalam pengambilan keputusan. Hambatan-hambatan tersebut dapat berupa hambatan non kreatif, misalnya kehilangan motivasi, kehabisan uang, dan tidak bisa meyakini orang penting.

HASIL INOVASI ANAK BANGSA
Setalah kita mengetahui cara meningkatkan kreatifitas dan inovatif maka akan lahirlah inovasi-inovasi yang luar biasa dari anak bangsa yang seolah ingin membuktikan kepada kita bahwa dengan karya yang biasa saya dapat menciptakan inovasi yang luar biasa yang.

a.     Anak Bangsa Ciptakan Mobil Berbahan Bakar Jus Lemon, Raih Peringkat Ketiga di Chem-E-Car Competition, Taiwan

Apakah Jus Jeruk adalah salah satu minuman favorit anda,? pernahkah anda berfikir jus mempunyai nilai dan fungsi lain..?? nah temen-temen dari mahasiswa ITS coba membutktikan kalau ternyata jus lemon yang sering kita minum itu dapat menjadi bahan bakar alternatif yang sangat bermanfaat.Mereka membuat mobil yang di beri nama“speKtronics”.

speKtronicsdigerakkan dengan energi yang direaksikan dari ekstrak lemon dan CuSO4 yang dihubungkan dengan katode-anode untuk menghasilkan reaksi kimia, lalu rangkaian dipasang seri dan paralel sedemikian rupa hingga menimbulkan proses elektrokimia seperti aki pada motor atau mobil,”Secara teknis, mobil speKtronics dirancang dengan bahan yang murah, seperti gabus, resin, lem kayu, tisu, dempul, perban, dan cat. Jika semakin banyaknya anak negeri yang kreatif dan inovatif seperti ini bukan tidak mungkin kelak bangsa kita akan menuju kemandirian nasional yang kita harapkan.

Untuk lihat videonya dapat dilihat disini

b.  Mantaps! Pelajar SMP Ciptakan Battery Charger Menggunakan Sepatu, Raih Emas di Taiwan

luar biasa....sebuah sepatu yang fungsi dasarnya digunakan sebagai alat bantu di kaki kini beralih fungsi menjadi hal yang tidak mungkin terpikirkan oleh kita. Di tangan pelajar SMP ini dia menciptakan Battery Charger dengan menggunakan sepatu sebagai medianya. Padahal selama ini kita cuman mengetahui bahwa batterty HP itu bisa di cas melalui kontak listrik saja akan tetapi dengan design ini anda dapat memanfaatkan sepatu yang anda pakai untuk menggunakannya sebagai alat charger battery. Iyah itulah inovasi yang sudah dibuktikan oleh anak SMP ini, dari karya yang biasa saja menjadi karya yang luar biasa. Dari sepatu menjadi alat charger HP...waoo sungguh luar biasa.


c.     Kreatif dan Inovatif Di ajang Compfest 2011
“Apabila ingin memperoleh kesuksesan, maka inovasi yang diciptakan haruslah yang bersifat sederhana dan fokusNah hal itulah yang ingin dibuktikan oleh temen-temen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia bahwa inovasi itu sederhana dan fokus lho... mereka melakukan suatu kegiatan besar seperti ini yang tidak hanya sekedar lomba blog saja tapi juga banyak kegiatan perlombaan yang coba laksankan oleh teman-teman panitia Mereka mengajak kita untuk berkreasi dan berinovasi dalam berbagai hal mulai dari bidang menulis (blogging), membuat permainan (games) untuk Android, membuat program komputer dan merakit robot. Nah untuk ajang compfest 2011 ini saya mengikuti lomba blog dengna Tema untuk Kompetisi Blogging-nya adalah “Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional”

Contact Person
competition@compfest2011.com

Saya sangat salut sama panitia secara tidak langsung mereka coba mengkreasikan gaya baru yang selama ini mungkin tidak terpikirkan oleh sebagian orang tapi ditangan temen-temen panitia mereka bisa membuktikan bahwa kami ini bisa lho..??mengapa kalian tidak.. dan dari sinilah awalnya kita akan mencetak penulis-penulis handal,  mencetak Enterpereneur, technocrat dan lain-lain yang secara tidak langsung semua itu saling berkaitan satu sama lain.  Saya betul-betul merasakan perbedaan mengikuti ajang confest ini, dimana peserta diminta untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas. Salut dan semoga kegiatan positif seperti ini dapat dipertahankan terus.

Adanya perhatian dan campur tangan dari orang-orang yang ingin melihat bangsa ini maju.
Saya memasukkan bagian ini mengapa..??karena apalah artinya anak-anak bangsa yang kreatif, mau dibawa kemana kemampuan mereka jika ditangan mereka lahir sebuah inovasi-inovasi yang luar biasa namun tidak ada perpanjangan tangan, tidak ada perhatian, bagaimana cara mereka membuktikan dan menunjukkan bahwa mereka itu punya kemampuan...mereka juga bisa...! jika kita ingin melihat bangsa ini mandiri secara nasional bahkan mendunia, jangan pernah sepelehkan karya anak bangsa kita, hargai karya mereka dan bantu mereka aga bisa lebih baik.
Sebagai contoh, diajang compfest 2011 memberikan kesempatan bagi blogger indonesia untuk menunjukkan kreatifitas dan inovasi dalam menulis artikel yang berkualitas dan sebagai blogger saya ucapkan terima kasih karena panitia telah menjadi penjembatang bagi kami untuk menunjukkan kreatifitas dan inovasi kami.

Terwujudlah kemandirian nasional
Dari ulasan diatas kita sudah sama-sama melihat karya-karya anak bangsa dengan inovasi yang luar biasa serta mengetahui betapa kreatif dan inovatif nya anak negeri ini bahkan tidak kalah bersaing kok dengan karya orang-orang eropa disana.,Nah sekarang kembali ke kita apakah semua karya, bakat itu akan disia-siakan oleh negeri tercinta ini...! sebuah karya tidak harus lahir dari orang pintar tapi Anda pun bisa mencoba untuk menjadi salah satu dari orang-orang inovatif dengan melalui latihan untuk memulai “melihat hal-hal secara beda”.
Suatu karya mungkin akan terlihat biasa-biasa saja apabila masih seperti bentuk dasarnya, tapi dengan sentuhan tangan-tangan inovator bangsa semua dapat berubah menjadi karya yang LUAR BIASA, tidakkah kita dapat merasa yakin jika anak-anak bangsa ini dibiasakan untuk berkreatif dan inovatif pasti bangsa ini bisa menuju kemandirian nasional yang kita harapkan bersama. Jangan pernah berhenti berkarya, tapi jadikanlah karyamu itu menjadi inovasi yang LUAR BIASA.


Daftar pustakan:
Sumber: AkuInginHijauBumi/IndonesiaProud/ Antara
Sumber: IndonesiaProud/Antara/ primaironline/ Abarky
source : Sasak.org
Rambat Lupiyoadi. Enterpreneur: From Mindset To strategy.penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2000.
http://www.kompas.com/
Previous
Next Post »

38 komentar

Click here for komentar
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

luar biasa sekali ini gan

Reply
avatar
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

Mantab sob, Sangat mendidik. Tapi menurut saya mungkin ini bisa jadi 3 post. Karena pembaca indoensia, termasuk pembaca yg cepat. Mungkin yg dibaca hanya sekitar 200 kata... Nice post

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

@Obat Sakit 2011 iya gan mkasih supportnya... semoga kt bs mmbngun negeri ini dgn kreatifitas kt masing2...!

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

@Full Blog Tricks iya sih gan, emang pnjang artikelnya, dan biar lebh jelas maksud dan tujuannya,,, sekalian dgna cara, dan solusi berkreatif dan berinovasi...!

biar gk bingung2 lgi hehe...

Reply
avatar
Anonim
admin
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

Penemuan adalah 1% inspirasi, 99% adalah keringat
gue uka quote ini gan..

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

@Anonimyooiii bro,,,slm brkreasi dan berinovasi ttngu kt tdk lngsung berhasil nmun ada kegigihan dan kegagalan...tp jadikan itu kmu tau klw ternyata bnyak cara yg sbnrya tidak jalan... keep spirit...!

Reply
avatar
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

sring kali brader. hal yg sepele bisa jadi luar biasa klau ditangani dengan kreativitas..
:-)

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Kamis, 02 Juni, 2011 ×

@Muhammad Nazaruddiniya brader mkanya kt sbgai pemuda di TUNTUT untuk lebh kreatif dan inovatif dalam nyicpin sstu,,, karya boleh biasa tp inovasi harus luar biasa...!

Reply
avatar
Jumat, 03 Juni, 2011 ×

lalu, apa inovasimu anak muda??? :D


PS: bantuin upload LHP dong.. (udah dikasih lampu hijau sama BLM untuk ngupload kokk)

Reply
avatar
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@bak STAN : mmng sulit membuktikan kpada org lain bhwa stiap org mmpunyai kmmpuan kreatifitas dan inovasi masing2 kcuali kt benar2 bersungguh2,... krena sbnrnya bnyak cara yg dapat di lakukan, slah satu cara yg sy sbutkan diatas yg mmpunyai pngaruh pling besar mnurut sy adlah kita berteman dgn org2 kreatif dan inovatif, nah psti dari stu bakat kreatifitas dan inovasi kta akan terasah sdkit demi sdkt...jgn pernh berhenti tuk berinovasi dr karya yg biasa untuk inovasi yg luar biasa... banzaaaiii

Reply
avatar
HiburDunia
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

mantap sekali...sukses bang

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@HiburDunia makasi mas atas suppornya,,, dan terima kasih sdh berkunjung di blog yg sderhana ini,

Reply
avatar
ali bloggers
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

sipp, saya suka dengan Kata Kreatif dan Inovatif

Reply
avatar
ali bloggers
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

saya suka bagian ini -->>Kerjakan Sesuatu Yang Menyenangkan.emang kalau semua pekerjaan dikerjakan dengan menyenangkan, hasilnya akan optimal, tul nggak sob?

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@ali bloggers sipp emank tdak bs di pungkiri klw org2 yg kreatif dan inovatif di tngah2 kita itu sllu mndapat tempat,,,

wahhh klw sdh HOBBY sob gk usah di ragukan lagi,,krn sy sndiri mngalami dri hobby ngeblog itu udah lngsung bs mngasah kreatifitas dan inovasi,,,keep spirit...thanks

Reply
avatar
wahyu
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

wah bener2 postingan yang luar biasa, salut2..
tep semangat berkarya.salam kompak :)

Reply
avatar
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

saya setuju gan. pemerintah saat ini masih dikatakan kurang inovatif jika dibandingkan swasta......


ayo...kita ber-inovasi

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@wahyumakasi sobat,,,, smua inspirasi itu dtng bgtu sj yah tp tntunya ada referensi jg,,,
slm kompak balik,,,ttep berkarya dan berinovasi

Reply
avatar
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

mantappssss setuju dahh

Reply
avatar
KhuntienBoyz
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

mantap gan emank benar yang di katakan.

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@randy oktaran makasi bnyak sob masukannya,,, dan thank sudah berkunjung di blog yg sderhana ini...

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

@KhuntienBoyz makasi bnyak sob masukannya...emank kreatifitas dan inovasi adalah kunci kemandirian bangsa yg harus dikembngkan oleh anak2 bangsa ini,,,tak perlu jauh2 kita sbgai blogger tak hanya sbgai blogger tp harus mnjadi penulis HANDAl...keep posting

Reply
avatar
Selasa, 07 Juni, 2011 ×

Betul,, saya setuju sekali dengan point pertama di atas bahwa untuk berinovasi perlu berpikir dengan arah yg berlawanan atau berbeda sama sekali. Mayoritas dari kita selama ini, terlalu terpaku cuma pada satu pola, padahal sebenarnya banyak sekali cara jika kita percaya kita bisa..
terima kasih artikelnya mas..
blog Ini Keren..penting untuk saya bookmark..

Salam kenal, salam sukses!

Edward Rhidwan

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Rabu, 08 Juni, 2011 ×

@Blog Pengembangan Diri pertama2 kenal balik mas,,!

wahhh kyaknya gk perlu di ragukan lgi nieh koment mas soale masnya sndri udah aktif di pngembngan kpribadian,,, sy jg spakat sm mas, kt jgn terllu berpatokan pada pola yg sdh ada,,coba kt berpkir terbalik,,,mgkn dr cara itu terdapat inspirasi yg lbh baik dan lbh luar biasa,,,! hal2 inilah yg akan sy aplikasikan jg di kseharian sya,,,mkasi jg mas masukannya dn terima ksh sdh berkunjung,!

Reply
avatar
Rabu, 08 Juni, 2011 ×

@Adi Wijaya Sama-sama mas.. senang rasanya bisa berkunjung bolak2 balik ke blog yg bener2 mentingin kualitas kontennya.. templatenya sederhana tapi elegan.. Seperti blog ini.

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Rabu, 08 Juni, 2011 ×

@Blog Pengembangan Diriiya mas sy jg senang bs bertukar pkiran sm anda... soalnya msh newbie nieh didunia blogger hehe,,

dan thanks supportnya,,!

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Rabu, 08 Juni, 2011 ×

@BADAN AUDIT KEMAHASISWAAN JAKARTA memang mnydihkan skrg ketika kt d tuntut berinovasi akan tetpi pmerintah sendiri yg krang kreatif dan inovatif,,,oleh krena itu melalui tulisan ini,, sy mnekankan jika ingin bangsa ini mandiri, kreatif dan inovatif perlu adanya campur tangan dari swasta (atau lbih luas lagi masyarakat) krena tdk dapat di pungkiri klw skrg swasta/msyarkat lbh kreatif dan inovatif tggl kt mndkung aja,,,!yakin klak bngsa ini akan mandriri..

Reply
avatar
Rabu, 08 Juni, 2011 ×

biasa tapi wah di dalamnya gan

Reply
avatar
Adi Wijaya
admin
Kamis, 09 Juni, 2011 ×

@Obat Sakit 2011 iyah donk bro...karya tu gk apa2 biasa tp klw org itu bs menginovasinya,,,nah itu yg luar biasa...hehe

Reply
avatar
wahyu
admin
Kamis, 09 Juni, 2011 ×

aku setuju banget ma statementx, "tapi Inovasiku Harus Luar Biasa" hehe
pic nya juga bagus :)
sukses!

Reply
avatar
adi wijaya
admin
Sabtu, 25 Juni, 2011 ×

@wahyu dan emang harus nya bgtu... kta tak perlu ragu lagi...klw bangsa indonesia itu org2nya kreatif2,,,saking kreatifnya..hal2 yg tdk terpkirkan oleh sbgian org mlah berguna dan mgnhasilkan sbuah karya bg org laing,,,nah KUNCI APA...???KITA HARUS MENGUBAH KARYA BIASA ITU MENJADI LUAR BIASA.... sy rasa itu harus d btuhkan skrg,,,cara2nya bs di lhat baca di artikel di atas,,terima kasih atas kunjungan dan komentar sobat2 smua..smoga masukannya dapt menjadi harapan dan dao bagi kemandirian bangsa dan negara..aminnnn

Reply
avatar
Jumat, 01 Juli, 2011 ×

Selamat ya, telah menjadi 25 finalis Compfest 2011

Reply
avatar
Minggu, 03 Juli, 2011 ×

@blloger media..: iya gan terima kasih walapun cmn 25 besar sj..mgkn msh ada yg harus sy benahi dlm mmbuat artikel hingga sy tdk dpt msuk ke 5 besar...

keep posting.. ;)

Reply
avatar
Kamis, 30 Agustus, 2012 ×

waaaahhhh artikelnya sgt bagus.... menginspirasi sy untuk lebih kreatif dan inovatif keep posing sobat..

Reply
avatar
Selasa, 23 Oktober, 2012 ×

tenang min orang seperti itu, pikirannya sempit, dan berfikir secara negatif mulu, tetap semangat dalam berkreatif min :-D

Reply
avatar
egha hawari
admin
Kamis, 25 Oktober, 2012 ×

makin kesini banyak sekali anak-anak yang menciptakan karya2 yang sangat bermanfaat dan sangat kreatifitas, hal seperti ini harus didukung oleh pemerintah, agar anak-anak tersebut dapat semangat dan terus mengembangkan inovasinyaa. I LOVE INDONESIA :-D

Reply
avatar
heru jasker
admin
Kamis, 25 Oktober, 2012 ×

saya mengikuti berita tentang anak-anak yang meraih penghargaan di berbagai ajang di nasional maupun Asia, hal seperti ini perlu di ancungi jempol dan diberi dukungan dari pihak yang terkait, jangan cuma seperti angin lewat saja anak- yang sudang berjuang demi mengharumkan nama bangsa ini. hehehe
terimakasih nih min udah mengijinkan untuk berpartisipasi dalam berkomentar di blog ini. :-)

Reply
avatar
heru jasker
admin
Senin, 05 November, 2012 ×

gan makin kesini kreatifitas anak-anak indonesia makin sangat membanggakan gan, tapi terkadang masih sangat kurang hal-hal pendukungnya gan. apakah ini faktor tidak pedulinya pihak terkait atau sebenarnya ada tapi di salah gunakan ?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ConversionConversion EmoticonEmoticon