Contoh Latihan Soal Perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan

Dibawah ini saya berikan beberapa contoh latihan soal untuk menghitung Pajak bumi dan Bangunan agar dapat memudahkan bagi wajib pajak yang belum mengerti mengenai tata cara penhitungan PBB terutang. Jadi kata kunci yang harus di ketahui dalam menghitung PBB adalah:

-tarif pajak yang digunakan dalam menghitung PBB adalah 5%
-batasan pengenaan NJOP yang dikenakan pajak adalah 12.000.000 di bawah itu maka TIDAK   DIKENAKAN PAJAK PBB.
-Perhatikan luas tanah dan bangunan milik anda.
-dan hal hal lain yang mungkin perlu jadi perhatian anda.

Nah, kalau sudah mengerti sekarang kita coba dengan soal hehe..(seperti ujian aja yah_)

1.      Tuan Bonco seorang mahasiswa DIII perpajakan Unibraw pada tahun 2007 hanya memiliki sebuah objek pajak berupa bumi di kawasan Soekarno-Hatta, Malang dan diketahui Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi tersebut sebesar Rp. 10.000.000. Berapakah Besar PBB yang terhutang pada tahun 2007 milik Tuan Bonco !

Jawab :
Karena besarnya NJOP kurang dari Rp. 12.000.000,- maka objek pajak tidak dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan.

2.      Tuan Ponco seorang pengusaha terkenal memiliki 2 buah rumah pada tahun 2007, objek pertama terletak di desa Wlingi, Blitar dan Objek kedua terletak di desa  Bendo, Blitar. Diketahui bahwa untuk objek pertama NJOP Bumi sebesar Rp. 8.000.000,- dam NJOP Bangunan sebesar Rp. 7.500.000,-. Untuk Objek yang kedua diketahui NJOP bumi sebesar Rp. 9.000.000,- dan NJOP Bangunan sebesar Rp. 6.000.000,-
Hitung PBB terhutang tahun 2007 Tuan Ponco atas kedua objek tersebut !

Jawab:
 PBB Terhutang  = Tarif (0,5%) x NJKP
 NJKP = NJOP – NJOPTKP
 Dimana NJOP = NJOP Bumi + NJOP Bangunan

NJOP Di desa Wlingi

NJOP Bumi        =   Rp.    8.000.000,-
NJOP Bangunan =  Rp.    7.500.000,-
Total                          Rp. 15.500.000,-        Merupakan NJOP terbesar

NJOP di desa Bendo

NJOP Bumi         =    Rp.   9.000.000,-
NJOP Bangunan =   Rp.   6.000.000,-
Total                           Rp. 15.000.000,-


Desa Wlingi :
NJOP Bumi         =                                              Rp.    8.000.000,-
NJOP Bangunan =                                              Rp.    7.500.000,-
NJOP sbg dasar pengenaan PBB                   Rp. 15.500.000,- (NJOP Terbesar)
NJOPTK                                                               Rp. 12.000.000 –
NJOP utk
Perhitungan PBB                                                 Rp.   3.500.000,-


Desa Bendo :
NJOP Bumi                                                     =   Rp.   9.000.000,-
NJOP Bangunan                                            =   Rp.   6.000.000,-
NJOP sbg dasar pengenaan PBB                    Rp. 15.000.000,-
NJOPTK                                                               Rp.                0,- (-)
NJOP utk
Perhitungan PBB                                                 Rp. 15.000.000,-

PBB  Terhutang = Tarif  x  NJKP
                           = 0,5% x 20% x Rp. 18.500.000,-
                           = Rp. 18.500

3.      Tuan Poneng adalah seorang pengusaha terkenal memiliki 2 buah rumah yang terletak di Blitar. Objek pertama terletak di jalan semeru dan objek kedua terletak di jalan raya rinjani. Diketahui objek pertama NJOP bumi sebesar Rp. 1.000.000.000,- (1 M) dan NJOP bangunan Rp. 3.500.000,- (3,5 M) sedangkan untuk yang kedua diketahui NJOP bumi sebesar Rp. 1.000.000.000,- (1 M) dan NJOP Bangunan sebesar Rp. 4.500.000.000,- (4,5 M). Hitunglah PBB terhutang Tuan Poneng atas kedua objek tersebut.

Jawab :
NJOP terbesar adalah terletak pada NJOP di Jalan Raya Rinjani dengan :
NJOP Bumi          =  Rp.  1. 000.000.000,-
NJOP Bangunan =  Rp.  4.500.000.000,- +
NJOP sbg dasar
Pengenaan  PBB =  Rp.  5.500.000.000,-
NJOPTKP             = Rp.       12.000.000,- (-)
NJOP utk
Perhitungan PBB     Rp.  5.488.000.000,-

Jl. Semeru :
NJOP Bumi           =   Rp. 1.000.000.000,-
      NJOP bangunan   =   Rp. 3.500.000.000,-  +
      NJOP sbg dasar
      Pengenaan   PBB =   Rp. 4.500.000.000,-
      NJOPTKP              =   Rp.                      0,-  (-)
      NJOP utk
      Perhitungan PBB   =   Rp. 4.500.000.000,-

      NJOP = NJOP Bumi + NJOP Bangunan = Rp. 5.488.000.000 + Rp. 4.500.000.000,- =    
      Rp.9.988.000.000.

      PBB Terhutang  = Tarif x NJKP = Tarif x (NJOP-NJOPTKP)
                                 = 0,5% x 40% x 9.988.000.000.
                                 =  Rp. 19.970.000,-


4.      Tuan Boni seorang pegawai negeri yang memiliki 2 buah rumah pada suatu Kawasan Real Estate bernama Pondok Indah. Objek pertama terletak di Pondok Indah Estate dengan NJOP sebesar Rp. 28.000.000,- dan NJOP Bangunan sebesar Rp. 23.500.000,- Untuk Objek kedua terletak di Puncak Dieng dengan NJOP Bumi sebesar Rp. 31,000,000,- dan NJOP Bangunan sebesar Rp. 10.000.000,-. Hitunglah PBB terhutang pada tahun 2007 dari Tuan Boni !

Jawab :

Rumah di kawasan Pondok Indah :

NJOP Bumi         = Rp. 28.000.000,-
NJOP Bangunan = Rp. 23.500.000,-
Total NJOP          = Rp. 41. 500.000        
                                         
      Rumah di kawasan Puncak Dieng :
 
      NJOP Bumi           = Rp, 31.000.000,-
      NJOP Bangunan   = Rp, 10.000.000,-
      Total NJOP            = Rp. 41.000.000,-

      NJOP terbesar terletak Pada Rumah Di kawasan Pondok Indah.
        
NJOP Bumi                  = Rp. 28.000.000,-
NJOP Bangunan         = Rp. 23.500.000,-
NJOP sbg dasar
      Pengenaan  PBB        =  Rp. 41. 500.000,-
      NJOPTKP                    =  Rp 12. 000.000,- (-)
NJOP utk
      Perhitungan PBB            Rp 29.500.000,-.

      Kemudian untuk Pondok Dieng Estate :

      NJOP Bumi                   =  Rp. 31.000.000,-
      NJOP Bangunan          =  Rp. 10.000.000,-
NJOP sbg dasar
      Pengenaan  PBB          =  Rp. 41.000.000,-
      NJOPTKP                      =  Rp.                 0,- (-)

NJOP utk
      Perhitungan PBB               Rp. 41.000.000,-

      PBB Terhutang = Tarif x NJKP = Tarif x (NJOP-NJOPTKP)
                                 =  0,15% x  20% x Rp. 70.500.000,-
                                 =  Rp. 70,500,-

selamat belajar sendiri, dan semoga ada sedikit pencerahan. jadi bisa menghitung Pajak terutang PBB anda tanpa bantuan orang lain.

34 Komentar untuk "Contoh Latihan Soal Perhitungan Pajak Bumi dan Bangunan"

  1. apakah kita bisa bertanya ke kpp pratama jakarta untuk mengetahui njop suatu tanah hanya dari alamat tanah tersebut ?

    BalasHapus
  2. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  3. pak bisa online gk ya...saya butuh bwt persiapan ujian nih,..jdi pingin tanya jwb langsung...

    BalasHapus
  4. pak bisa online gk ya...saya butuh bwt persiapan ujian nih,..jdi pingin tanya jwb langsung...

    BalasHapus
  5. pak saya mau tanya, seumpama objeknya ada di 2 wilayah yg berbeda apa perhitungan NJOPTKP nya sama seperti jika ada di wilayah yg sama (Rp. 12.000.000) nya tidak dikurangi lagi, trmksh...


    dari lana (surabaya)

    BalasHapus
  6. untuk objek yg ada di 2 wilayah berbeda hanya dilakukan perhitungan terhadap objek yang nilainya lebih besar :)

    BalasHapus
  7. Saya mau jual rumah dengan NJOP tanah dan bangunan Rp.137.560.000
    NJOP tidak kena pajak Rp. 10.000.000

    Berapa saya harus bayar pajak ?
    Dan Si Pembeli berapa harus bayar pajak,..?

    Trima kasih

    BalasHapus
  8. Saya mau jual rumah dengan NJOP tanah dan bangunan Rp.137.560.000
    NJOP tidak kena pajak Rp. 10.000.000

    Berapa saya harus bayar pajak ?
    Dan Si Pembeli berapa harus bayar pajak,..?

    Trima kasih

    BalasHapus
  9. ralat tuh soal no4, harusnya NJOP rumah di Pondok Indahnya 51,5 JT, bukan 41,5 JT haahaha

    btw, thx atas infonya ya

    BalasHapus
  10. mas! saya bukan komentar tetapi sy minta tolong dibantu menghitung PBB tanah warisan, tanah tsb diberikan kepada 9 orang anak, tetapi surat pbb nya belum dipisahkan satu sama lain, ahirnya pembayaran pbb itupun sangat tinggi. sy mohonkan agar diberikan solusi yang terbaik. trima kasih.

    BalasHapus
  11. tarif 20% dan 40% itu gimana maksutnya. tks

    BalasHapus
  12. Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat sekali,
    Birrul

    BalasHapus
  13. kapan kita menggunakan tarif nya 40% atau 20%?

    BalasHapus
  14. 20% jika dibawah 1M, 40% jika diatas 1M

    BalasHapus
  15. NJKP 40 % adalah untuk NJOP tanah dan bangunan.

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. wahh bru liat sbb bos.. sy di sulawesi tenggara bos.. tepatnya di kolaka :)

      Hapus
  17. kak maaf kak mau tanya yang soal nomor 3 itu kenapa dikalikan 40% bukanya dikalikan 20 % ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya NJOPKP nya diatas 1M jd pake yg 40%

      Hapus
    2. Kr NJOP bumi +NJOP bangunan = 9.988.000.000 berarti diatas Satu M makanya d pake tarif 40% bukan 20 %.yg 20% harus dibawah 1M, mudah2n bs membantu, terimakasih

      Hapus
    3. Karena nilai total NJOP > 1M

      Hapus
  18. makasih mas infonya sangat membantu, lengkap juga penjelasannya. walau sedikit membingungkan .. heheee

    BalasHapus
  19. Ralat, yang soal nomor 4, hasil jumlah NJOP tanah dan bumi Rp. 51.500.000 bukan 41.000.000,

    Rp. 28.000.000 + Rp. 23.500.000 = Rp.51.500.000

    BalasHapus
  20. Ralat, yang soal nomor 4, hasil jumlah NJOP tanah dan bumi Rp. 51.500.000 bukan 41.000.000,

    Rp. 28.000.000 + Rp. 23.500.000 = Rp.51.500.000

    BalasHapus
  21. Ralat, yang soal nomor 4, hasil jumlah NJOP tanah dan bumi Rp. 51.500.000 bukan 41.000.000,

    Rp. 28.000.000 + Rp. 23.500.000 = Rp.51.500.000

    BalasHapus
  22. Kak mau tanya, itu 12.000.000 di soal nomer 2 hasilnya dari mana?

    BalasHapus
  23. Kapan kita menggunakan tarif 0,5% dan 0,15%

    BalasHapus
  24. Trimakasih atas semua info ttg PBB oke

    BalasHapus
  25. Kok soal nomor 3 persenan nya 40%, banyak yang typo kak jadi bingung memahami, btw cukup membantu��

    BalasHapus
  26. Kak mau nanya jika di ketahui yang di ketahui
    1 kelas bumi
    2 NJOP bumi
    3 NJOP Bangunana
    4 NJOP dasar bangunan
    5 NJOP TKP
    6 NPOP KP
    7 Koefisen pbb

    Gi mana cara nyelesaikan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, dan terima kasih telah berkunjung di blog saya

Facebook Comments APPID

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel